Friday, July 17, 2015

PROKRASTINASI





Setiap orang dalam hidupnya kemungkinan besar pernah beberapa kali menunda-nunda dalam melakukan suatu tugas atau dalam membuat sebuah keputusan. Namun ada cukup banyak orang yang memiliki kebiasaan menunda-nunda atau dikenal dengan istilah prokrastinasi.

Perilaku menunda-nunda tersebut selain mengakibatkan tekanan waktu pada saat pekerjaan mau tidak mau mesti dilakukan. Perilaku menunda-nunda juga bisa menimbulkan  masalah lain atau paling tidak tambahan beban pekerjaan. Kualitas hasil kerja  juga kemungkinan besar tidak akan maksimal karena dilakukan dengan terburu-buru untuk mengejar tenggat waktu.

Dua faktor utama yang menyebabkan tumbuhnya kebiasaan atau perilaku menunda-nunda adalah
1) tidak adanya pengaturan pelaksanaan aktivitas harian, mingguan, bulanan dan tahunan,
2) tidak adanya penyusunan prioritas pelaksanaan aktivitas.


Faktor lain yang menyebabkan seseorang memiliki perilaku prokrastinasi adalah rasa percaya diri yang terlalu tinggi sehingga sering menganggap remeh berbagai hal. Rasa percaya diri yang tinggi juga akan bisa menyebabkan seseorang menjadi pecandu kerja sehingga mencoba melakukan terlalu banyak hal yang akan berakibat pada terlewatnya hal-hal penting namun tidak mendesak untuk dilakukan atau kemungkinan juga terpaksa mengerjakan banyak hal penting dalam keadaan mendesak karena perilaku menunda-nunda.

Akan ada pandangan yang mengatakan bahwa kita boleh saja membuat perencanaan dan menetapkan prioritas pelaksanaan namun kita tidak pernah akan bisa memastikan bahwa tidak terjadi perubahan-perubahan di luar kendali diri kita. Namun demikian tidak seharusnya kita menunda-nunda melakukan hal-hal yang bisa kita lakukan pada waktu yang seharusnya sehingga susun dan kerjakan hal-hal yang ada dalam daftar anda sesuai dengan prioritas yang sudah anda susun.  Selesaikan apa yang sudah anda mulai.

No comments: