Friday, July 17, 2015

KEPUASAN KERJA




Apakah anda seorang karyawan/karyawati atau seorang pengusaha atau investor di pasar uang/modal, anda tidak akan terhindar dari keharusan untuk bekerja dimana anda menukarkan sejumlah waktu dari usia yang ada untuk mendapatkan uang yang kemudian dipergunakan untuk hidup.

Kita semua tentu berharap bahwa kita tidak berada dalam situasi bekerja untuk hidup tetapi hidup untuk bekerja.  Pekerjaan kita harus memiliki arti yang lebih dari sekedar mendapatkan nafkah melainkan untuk mendapatkan kepuasan kerja dengan berprestasi, menunjukkan kualitas diri, dan juga memberi makna pada kehidupan dengan mampu dan mau berbagi dengan orang-orang lain sehingga anda merasa bahagia.

Tentu tidak sepenuhnya salah untuk memilih jenis pekerjaan atau usaha berdasarkan potensi imbalan dalam bentuk uang dan karir. Namun imbalan berupa kepuasan kerja dan kebahagiaan hanya akan dapat anda peroleh dari kesenangan akan apa yang anda lakukan.

Tentu adalah harapan semua orang untuk mendapatkan pekerjaan yang disenangi dan sekaligus bisa mendapatkan imbalan yang besar. Namun sebagian terbesar orang mendapatkan realitas dimana pekerjaan yang ada tidak saja bukan merupakan hal yang diminati tetapi juga kurang ideal dalam hal lingkungan kerja yang kurang memenuhi persyaratan, jauh dari tempat tinggal, tidak ada karir, dan penghasilan yang hanya cukup untuk hidup sehari-hari. Bila situasi seperti itu yang anda hadapi, anda bisa saja meninggalkan pekerjaan tersebut dan berusaha mencari yang lebih baik, namun anda juga bisa terlebih dahulu mencoba melakukan yang terbaik dalam pekerjaan karena kepuasan kerja bisa anda peroleh dengan menekuni pekerjaan anda untuk dapat menghasilkan yang terbaik walaupun fasilitas yang ada di tempat kerja anda sangat terbatas

Pelajarilah hal-hal yang bermanfaat bagi pengembangan pengetahuan, kemampuan dan keahlian diri anda dengan melakukan sebaik mungkin tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab anda.

No comments: