Thursday, July 16, 2015

OPTIMISME




Apakah anda seorang yang optimistis yang melihat masa depan dengan penuh harapan dan ekspektasi positif?

Apakah anda adalah pengendali kehidupan diri anda?

Apakah realitas kehidupan di luar diri anda yang tidak selamanya sesuai dengan apa yang anda harapkan akan dapat mengubah optimisme yang anda miliki?

Sikap optimis bisa dipelajari dengan selalu membiasakan diri berpikir dan bertindak positif serta berada dalam lingkungan orang-orang yang optimistis.

Optimisme umumnya bisa dengan sendirinya tumbuh berkembang dalam diri seseorang karena berbagai pengalaman keberhasilan dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang pernah dialami sebelumnya

Keberhasilan-keberhasilan masa lalu dan ekspektasi positif akan masa depan akan membuat seseorang menjadi optimistis namun tetap harus diperhatikan dan diperhitungkan realitas kehidupan yang sedang berlangsung dan dijalani pada saat sekarang.

Optimisme pada seseorang bisa padam dan bahkan berubah menjadi pesimisme manakala kondisi kesehatan seseorang memburuk karena penyakit yang dapat mengancam jiwanya. Situasi yang demikian jelas sangat tidak menguntungkan dan mesti dengan segera diatasi.

Tidak banyak orang-orang yang mampu mengatasi sendiri tekanan kejiwaan karena adanya penyakit tersebut dan pada umumnya dibutuhkan  peranan dan bantuan dari orang-orang terdekat  agar optimisme dapat tumbuh kembali. 

Walaupun pengaruh berbagai keberhasilan masa lalu dan realitas saat sekarang dapat membantu terpeliharanya optimisme namun merencanakan masa depan harus dilakukan karena harapan akan masa depan yang lebih baik tidak saja akan menjaga semangat tetapi juga akan mendorong seseorang untuk bertindak dan terus meningkatkan berbagai kemampuan  yang diperlukan untuk dapat merealisasikan keberhasilan-keberhasilan yang diinginkan.

Demikian pula dari waktu ke waktu juga mesti dilakukan pemantauan atas berbagai perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehingga optimisme yang dimiliki karena adanya keyakinan akan potensi diri yang sudah ada akan lebih mudah dipertahankan dan/atau ditingkatkan. Cermati berbagai perubahan yang dapat mempengaruhi kemampuan diri  dalam mengatasi berbagai tantangan maupun hambatan untuk dapat secara tepat dilakukan penyesuaian dan/atau peningkatan potensi diri yang diperlukan untuk dengan sukses merealisasikan berbagai sasaran pada saat sekarang dan masa yang akan datang.

No comments: