Tuesday, July 23, 2013

SUKSES




Hari Jumat 19 Juli 2013 saya berkesempatan mendengarkan dari bapak Xiong De Long, seorang pengusaha berusia 71 tahun yang sangat sukses menyampaikan tentang sukses kepada sekitar 250 peserta yang hadir pada pembukaan Konferensi Pemuda Hakka Indonesia ke 1 di Tawangmangu.

Sukses buat banyak orang diukur melalui harta benda yang dapat dimiliki dari hasil berbisnis atau pekerjaan sebagai karyawan akan tetapi pengusaha tersebut mengatakan ada 4 kriteria yang beliau pergunakan sebagai satuan pengukuran sukses yang masing-masing memiliki nilai 25%. Jadi menurut beliau bila ada seseorang yang walaupun sudah memiliki harta kekayaan melimpah tetapi belum memenuhi 4 kriteria tersebut, maka orang tersebut belum bisa dikatakan sukses.

Apabila seseorang sudah memiliki harta kekayaan melimpah dan orang-tuanya merasa sungguh bersyukur telah melahirkan seorang anak yang berbakti kepada orang-tua, itu artinya orang tersebut baru 25% sukses.

Keluarga adalah orang-orang paling dekat dengan kita dan menurut pengusaha tersebut bila seseorang sudah memiliki kekayaan melimpah, berbakti kepada orang-tuanya, isteri atau suami serta anak-anaknya menghormati dirinya, orang tersebut 50% sukses.

Kriteria ketiga untuk mengukur kesuksesan seorang adalah kepemimpinan dimana seseorang yang berhasil memiliki kekayaan harta benda yang melimpah, berbakti kepada orang-tuanya, isteri atau suami serta anak-anaknya menghormati dirinya, dihormati para karyawan dan rekan-rekan sekerja atau sejawatnya oleh karena kepemimpinan dan kebijaksanaannya, orang tersebut 75% sukses.

Kriteria yang keempat adalah memiliki jiwa sosial karena memiliki kekayaan melimpah tidak akan ada artinya tanpa adanya keinginan untuk memberikan bantuan sosial kepada mereka yang membutuhkan. Seseorang yang berhasil memiliki kekayaan harta benda yang melimpah, berbakti kepada orang-tuanya, isteri atau suami serta anak-anaknya menghormati dirinya, dihormati para karyawan dan rekan-rekan sekerja atau sejawatnya oleh karena kepemimpinan dan kebijaksanaannya, suka memberikan bantuan dana, tenaga dan empati kepada orang-orang yang membutuhkan, orang tersebut baru dapat dikatakan 100% sukses.

No comments: