Saturday, June 29, 2013

KEJUTAN




Hubungan dengan banyak pihak dalam kehidupan berpolitik yang seringkali sarat dengan berbagai kepentingan yang bisa dan bahkan kerap kali berubah seiring berjalannya waktu dapat menimbulkan hal-hal yang tidak terduga

Mungkin saja terjadi dimana beberapa waktu yang lalu merupakan koalisi namun kemudian menjadi oposisi dan demikian pula kebalikannya dari semula merupakan pihak yang berseberangan namun kemudian menjadi seiring sejalan karena adanya kepentingan yang sama. 

Karena pada dasarnya memang tidak ada sesuatu yang langgeng kecuali tentunya perubahan, maka pemikiran seiring sejalan yang lebih banyak mendasari hubungan dalam bidang politik menjadi mudah sekali berubah manakala mereka berada pada perempatan atau pertigaan dalam perjalanan.

Perubahan-perubahan hubungan dalam bidang politik tersebut akan lebih sering lagi terjadi manakala mereka yang berkecimpung dalam bidang tersebut adalah memang adalah para avonturir dan oportunis. Oleh karena itu berita-berita yang mengejutkan sudah merupakan hal biasa dan menjadi bagian keseharian dalam kancah politik.


“Surprises may be part of everyday politics. But they shouldn’t be part of everyday banking.”  Dua kalimat singkat tersebut yang merupakan bagian dari iklan ING DIRECT, sebuah divisi dari ING Bank (Australia) Limited, bisa kita gunakan juga sebagai sebuah peringatan bahwa “surprises shouldn’t be part of our everyday living” atau kejutan-kejutan tidak seharusnya menjadi bagian keseharian hidup kita.
 
Siapa yang tidak ingin mendapatkan kejutan-kejutan yang menyenangkan dan sudah pasti tidak ada seorangpun yang menginginkan kejutan-kejutan yang dapat membuat pelaksanaan rencana-rencana menjadi berantakan sehingga hidup menjadi tidak menyenangkan.

Rencana-rencana dalam pelaksanaannya dapat dipastikan akan mengalami berbagai hambatan dan rintangan karena dari waktu ke waktu ada perubahan pada faktor-faktor eksternal ataupun karena penyesuaian yang perlu dilakukan. Namun rencana-rencana yang telah disusun secara baik dan teliti tentu sudah memperhitungkan berbagai kemungkinan hambatan tersebut sehingga menjadi resiko yang sudah terukur dan bukan merupakan kejutan lagi bilamana sampai terjadi.

Keinginan untuk menjadi atau mendapatkan sesuatu saja tidaklah cukup. Untuk merealisasikan keinginan-keinginan tersebut diperlukan tindakan-tindakan nyata dan perencanaan yang baik akan dapat menghindarkan anda dari kejutan-kejutan yang tidak menyenangkan.

Tuliskan sasaran-sasaran untuk seluruh aspek kehidupan secara spesifik, terukur, dapat dilaksanakan dan realistis dengan jangka waktu tersedia.
 

Memiliki ekspektasi positif dalam hidup adalah penting namun untuk dapat menghindari atau paling tidak mengurangi munculnya kejutan-kejutan dalam kehidupan sehari-hari, yang perlu anda lakukan setelah memiliki sasaran-sasaran untuk seluruh aspek kehidupan adalah memastikan penyusunan rencana-rencana dengan cermat dan memperhitungkan faktor-faktor penting dan relevan seperti ketersediaan waktu dan sumber daya lainnya serta dengan penggunaan asumsi-asumsi yang tepat sehingga kita akan menjalani kehidupan dengan lebih seimbang dan dapat terhindar dari kejutan-kejutan yang tidak menyenangkan.

No comments: