Friday, March 29, 2013

2 TANGAN





Seorang teman mengirimkan kepada saya sebuah kalimat yang mengatakan bahwa Tuhan memberikan kepada manusia 2 tangan, satu untuk menerima dan yang lainnya untuk memberi.

Tentu maksud dari kalimat tersebut adalah sebuah ungkapan bahwa dalam hidup kita mesti selalu menjaga keseimbangan bahwa ada saat menerima dan ada saat untuk memberi

Namun saya jadi teringat apa yang dikatakan oleh mendiang nenek saya tentang bagaimana selayaknya sikap kita dalam memberi maupun menerima sesuatu. Mendiang nenek saya mengatakan bahwa seseorang hendaknya mempergunakan kedua tangan ketika memberikan sesuatu kepada orang lain dan demikian pula mempergunakan kedua tangan ketika menerima sesuatu dari orang lain.

Menggunakan kedua tangan ketika memberikan sesuatu kepada orang lain akan memberikan kesan kepada si penerima bahwa si pemberi tidak mengharapkan sesuatu sebagai imbalan dari pemberian tersebut.

Sedangkan menggunakan kedua tangan ketika menerima sesuatu dari orang lain akan memberikan kesan kepada si pemberi bahwa si penerima tidak menyiapkan sesuatu sebagai imbalan atas penerimaan tersebut.


Sikap mental dimana ada kesadaran tentang memberi dan menerima dapat dicerminkan dengan lebih baik dari sikap anggota badan dalam hal ini kedua tangan ketika melaksanakan.

No comments: