Sunday, March 24, 2013

POTENSI DIRI




Seringkali orang-orang tidak berani tampil atau merasa tidak berdaya karena merasa tidak yakin akan kemampuan yang sudah mereka miliki

Banyak orang kurang menyadari bahwa sesungguhnya mereka memiliki potensi terpendam yang bila dipergunakan dapat meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri sehingga kinerja juga akan meningkat secara signifikan.

Apabila anda tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri, maka anda kemungkinan akan mengalami berbagai hambatan dalam berkomunikasi dengan orang-orang lain. 

Potensi dan kemampuan diri dapat digali dan dibentuk melalui 3 cara yaitu lewat mempelajari berbagai hal, otoritas dari organisasi, dan gabungan dari kedua cara tersebut sebagai berikut:  

  • Kemampuan diri sendiri dapat dibentuk melalui berbagai proses seperti belajar, berlatih, dan yang sering kali kurang diperhatikan adalah proses mempraktekkan semua pengetahuan yang telah dipelajari tersebut. Banyak orang sudah memiliki pengetahuan tentang satu atau beberapa hal dari proses belajar namun kurang mampu untuk menerapkannya karena kurang melakukan latihan dan memang pengetahuan atau teori tersebut baru akan menjadi keahlian melalui penerapan dan pengulangan. Penerapan teori lewat praktek akan dapat menggali potensi tersembunyi dan membentuk kemampuan seseorang dan lewat pengulangan akan memungkinkan terbentuknya keahlian. Kemampuan yang terbentuk dari proses belajar yang dimiliki seseorang akan terlihat dari bagaimana orang tersebut bersikap dan berkomunikasi dengan orang-orang lain. Seberapa tinggi kemampuan yang dimilliki seseorang dapat diukur dari besar atau kecilnya kepercayaan dan respek dari orang-orang lain dan lewat kedekatan hubungan yang terbina. Kemampuan diri yang memang memerlukan usaha tersebut selanjutnya akan menentukan reputasi seseorang.
  • Kemampuan atau lebih tepat disebut kekuasaan dalam bentuk otoritas berasal dari luar diri dan diperoleh dari posisi dalam organisasi, relasi dengan orang-orang lain, dan akses pada sumber informasi.  Penggunaan kemampuan/kekuasaan yang dimiliki dari adanya posisi tersebut bersifat terbatas pada lingkup organisasi dan waktu tertentu. 
  • Penggunaan kedua jenis kemampuan seseorang dapat dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mempertebal rasa percaya diri dalam menjalankan berbagai aktivitas dalam lingkup organisasi dan/atau masyarakat. Semakin sering anda menggunakan kedua jenis kemampuan tersebut secara bersamaan, akan semakin baik kemampuan diri anda  dan pada saat bersamaan meningkatkan kinerja dari pelaksanaan otoritas yang diberikan kepada anda.


Dengan terus mencoba lebih memahami potensi diri dan mempergunakannya secara benar akan dapat meningkatkan kualitas kehidupan anda,

No comments: