Thursday, November 8, 2012

EKSPEKTASI POSITIF




Sepuluh bulan di tahun 2012 ini sudah kita lalui dan tentu sangat penting bagi kita semua untuk melihat perjalanan pencapaian sasaran-sasaran yang telah kita tetapkan serta dalam sisa waktu yang hanya 2 bulan ini mengupayakan untuk mengejar ketertinggalan bilamana memang hal tersebut terjadi.






Banyak orang mengungkapkan pendapat yang skeptis tentang  gagasan mempertahankan sikap mental positif. Mereka menganggap bahwa mencoba mempertahankan sikap mental positif pada hakekatnya merupakan upaya untuk tidak mengakui kelemahan-kelemahan diri sendiri dan bahkan untuk menciptakan gambaran-gambaran diri yang tidak sesuai dengan kenyataan yang dapat mengelabui bahkan menyesatkan orang-orang lain.

Ada korelasi yang sangat erat antara tingkat ekspektasi dan sikap mental positif dengan kepemimpinan seseorang. Kepemimpinan berhubungan erat dengan sikap seseorang terhadap keadaan di luar dirinya, terhadap orang-orang lain, dan juga terhadap diri sendiri terutama ketika menghadapi keadaan yang tidak menguntungkan namun tetap memiliki ekspektasi positif.

Sebuah sikap mental positif yang muncul dari ketulusan hati adalah sebuah ekspresi yang tumbuh dari dalam diri sendiri dan akan memperteguh karakteristik kepemimpinan seseorang.

Ekspektasi positif bermula dari kesadaran akan adanya sasaran-sasaran yang ingin diraih dan yang telah ditetapkan sebelumnya maupun sasaran-sasaran yang perlu dibuat kemudian sebagai akibat adanya perubahan dalam situasi dan kondisi eksternal maupun internal.

Pemahaman diri sendiri juga akan membantu anda menyusun rencana-rencana kerja untuk dapat merealisasikan sasaran-sasaran tersebut. Dengan adanya sasaran-sasaran yang telah ditetapkan akan memungkinkan anda untuk menggunakan bakat, potensi diri, energi dan kreativitas yang ada pada diri anda. Ekspektasi positif memerlukan keyakinan anda, baik pada saat sekarang maupun pada masa yang akan datang tentang tidak adanya batasan-batasan yang akan dapat menghalangi anda dalam upaya mencapai sasaran-sasaran yang telah dan akan ditetapkan. Ekspektasi positif dapat menghilangkan kekuatiran atau bahkan ketakutan yang tidak berdasar.

Rasa takut adalah emosi yang normal dan lazim manakala anda akan menghadapi saat-saat yang tidak diketahui. Oleh karena itu ekspektasi positif harus dikembangkan melalui pemahaman atas kekuatan-kekuatan dan kekurangan-kekurangan yang ada. Menyadari siapa diri anda sebenarnya adalah keputusan yang paling utama dan penting yang perlu anda buat. Hal tersebut akan membebaskan anda dari perasaan inferior dan memberikan anda kekuatan dan semangat untuk berkembang dan menggunakan lebih banyak potensi yang anda.


Ekspektasi positif dapat menghasilkan efek yang sering disebut sebagai self-fulfilling prophecy atau nubuat yang menjadi kenyataan dengan sendirinya. Tanpa disadari orang-orang cenderung melakukan apa yang mereka pikirkan - dan hal tersebut termasuk apa yang mereka harapkan dari diri mereka sendiri. Jika Anda selalu penuh dengan keraguan dan ketakutan dan berpikir bahwa anda kemungkinan akan membuat kesalahan yang sama seperti di masa lalu, anda kemungkinan besar akan mendapatkan apa yang anda pikirkan tersebut. Sebaliknya, ketika anda menetapkan sasaran-sasaran yang menantang dan menyusun rencana yang bisa diterapkan untuk meraih sasaran-sasaran tersebut, anda mengharapkan sukses dalam pikiran anda dan dengan adanya ekspektasi anda tersebut dapat menjadi nubuat yang terpenuhi dengan sendirinya.

Apakah anda pernah membayangkan sebesar apa potensi diri yang anda miliki dan apakah anda mempersiapkan diri anda untuk mempergunakan seluruh potensi yang anda miliki dan tidak pernah puas untuk menjadi orang yang biasa-biasa saja?

Dalam upaya mendukung ekspektasi positif tersebut, dan untuk dapat menikmati manfaat dari kesuksesan yang dapat anda raih dengan penggunaan semaksimal mungkin potensi diri yang anda miliki, anda harus terus mengeksplorasi berbagai kemungkinan baru melewati batasan-batasan yang seringkali anda buat sendiri.

Ada banyak peluang manakala pola pikir anda melihat perubahan yang terjadi sebagai sesuatu yang lumrah dan bahkan menjadikan suatu situasi kritis sebagai tantangan dan bukan sebagai ancaman. Orang-orang dengan ekspektasi dan sikap mental positif tidak akan pernah berhenti membuat sasaran-sasaran baru dari peluang-peluang yang muncul dari krisis yang terjadi. Bagi mereka berusaha merealisasikan sasaran-sasaran yang telah mereka tetapkan serta dari waktu ke waktu menetapkan sasaran-sasaran baru yang lebih menantang dan memberikan manfaat lebih besar adalah suatu pola kegiatan berkelanjutan sepanjang umur hidup mereka.



Apabila dalam sepuluh bulan di tahun 2012 ini ternyata anda mengalami banyak halangan yang tidak terduga sehingga kinerja anda masih tertinggal cukup jauh dari sasaran-sasaran yang telah anda tetapkan, ekspektasi positif akan dapat melahirkan kreativitas yang akan memungkinkan seorang pemimpin yang memiliki visi dan kemampuan memimpin yang lebih baik untuk mencoba cara-cara lain guna mengejar ketertinggalan mereka. 








Kreativitas mendorong pemikiran konseptual, inovatif dan mencoba menggunakan cara-cara yang belum pernah dipergunakan sebelumnya, dan untuk melihat suatu hal biasa dengan cara yang tidak biasa, dan mencari cara-cara untuk menemukan pola yang bagi orang kebanyakan seperti tidak berhubungan.

Kreativitas tidak seperti yang diduga oleh kebanyakan orang sebagai sesuatu hal yang datang murni dari dalam diri seseorang melainkan lebih sering muncul lewat mempelajari dan mendengarkan cara-cara yang sudah dilakukan oleh orang-orang lain. Anda kemudian perlu mengevaluasi apa yang sudah anda dengar tersebut dan menggabungkannya dengan kompetensi-kompetensi yang anda miliki. Kreativitas bukan sesuatu yang muncul sewaktu-waktu namun lebih sebagai akibat logis dari kemampuan sintesa yang anda miliki untuk menyusun berbagai informasi dan peluang yang ada yang bagi kebanyakan orang seperti tidak mungkin dihubungkan satu sama lain. Kreativitas sesungguhnya tumbuh dan berkembang dalam diri yang memiliki kematangan kepribadian yang terlihat dari adanya kepercayaan atas kemampuan diri sendiri ditambah dengan adanya ekspektasi positif.


Akhir kata, sukses adalah milik anda sehingga pastikan bahwa anda menetapkan dan mengupayakan realisasi dari sasaran-sasaran yang mencerminkan keinginan anda sesungguhnya.

No comments: