Tuesday, July 31, 2012

CHANGE: MENGAWALI PERUBAHAN DENGAN 1:99



(Bagian 2 dari 4 tulisan)

Dari keseluruhan tahapan perubahan dalam organisasi yaitu pendataan, perencanaan, simulasi, pengawasan selama tahap-tahap awal implementasi, dan evaluasi atas perubahan yang dilakukan, pada tahap awal yaitu pendataan waktu yang perlu didedikasikan seorang pemimpin hanya 1% karena 99% dari proses akan melibatkan banyak orang lain.

Mengapa
demikian sedikit?

Ide kita sebagai pemimpin mungkin sangat brilian dan jauh melihat kedepan sehingga sangat diperlukan pendataan yang melibatkan orang-orang untuk memberikan masukan berdasarkan fakta-fakta realitas saat ini dan kemungkinan2 yg ada.

Seperti Thomas Alva Edison yang mengatakan bahwa "Genius is 1% inspiration, and 99% perspiration," kecuali jika anda bekerja seorang diri, pada tahap awal inilah kita sebagai pemimpin mesti memberikan kesempatan seluasnya kepada rekan-rekan dan orang-orang dalam organisasi untuk memberikan pendapat mereka dan bahkan mempertanyakan ide perubahan yang kita kemukakan.

Pada tahap berikutnya yaitu perencanaan, waktu yang mesti kita berikan sebagai pemimpin akan meningkat. Namun sebagai pemimpin, kita perlu memberikan kesempatan lebih banyak kepada orang-orang yang memang lebih banyak berada dalam tingkat operasional untuk memberikan pendapat dan masukan mereka.

Berapa banyak waktu yang mesti diberikan oleh seorang pemimpin agar proses perencanaan bisa berjalan baik?

Jawabannya akan sangat tergantung pada kompleksitas perubahan yang ingin dilakukan namun maksimal 5% saja dan 95% akan tetap dilakukan oleh team.

Kalau begitu mudah sekali dan menyenangkan menjadi seorang pemimpin?

Sebagai pemimpin, kita perlu mendelegasikan tugas-tugas yang memang seharusnya dilakukan oleh orang-orang.

Tetapi TANGGUNG JAWAB atas keberhasilan organisasi akan tetap ada pada kita sebagai pemimpin.

No comments: