Tuesday, July 31, 2012

KALAU SAJA


Ada orang-orang yang mengartikan sangat harafiah sebuah pepatah yang mengatakan “setiap orang harus bisa menolong diri mereka sendiri sebelum menolong orang lain.”


Atau orang-orang yang mengatakan “Kalau saja saya memiliki cukup harta untuk saya sumbangkan, kalau saja saya memiliki waktu untuk membantu kegiatan sosial, dan berbagai kalau saja saya ......

Dalam setiap kegiatan pengabdian masyarakat bersama rekan-rekan di Lions Clubs Indonesia, ada saja orang-orang yang seharusnya bisa melakukan sesuatu untuk sesama namun mengatakan bahwa mereka juga ingin bisa melakukan kegiatan serupa namun secara finansial maupun waktu tidak memungkinkan karena harus berusaha memenuhi kebutuhan hidup diri dan/atau keluarga sendiri. Ada bahkan yang mengatakan apa yang dilakukan oleh Warren Buffett dan orang-orang super kaya lainnya di dunia dengan menyumbangkan sebagian besar dari kekayaan mereka tentu saja bisa dilakukan karena sisa harta mereka masih sangat banyak.

Memang ada cukup banyak orang-orang terpandang dan hidup berkelimpahan di antara para relawan yang tergerak hatinya untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat lalu bergabung dalam Lions Clubs Indonesia. Tetapi di antara kami ada lebih banyak relawan yang hidup sederhana dan tidak berkelebihan, namun penuh semangat memberikan waktu, tenaga dan bahkan uang dari kantong sendiri. Ada juga relawan yang sebenarnya masih berjuang mengatasi berbagai tantangan dan himpitan kehidupan, namun karena kepedulian kepada sesama selalu berusaha menyediakan waktu dan tenaga mereka.

Jangan menunda-nunda niat baik kita untuk dapat meringankan beban sesama kita manusia yang membutuhkan uluran tangan kita karena mereka membutuhkannya sekarang dan bukan nanti pada saat kita merasa mampu memberikan perhatian kepada mereka.

No comments: