Sunday, October 30, 2011

Berharap Untuk Mencapai Yang Terbaik Dalam Setiap Area Kehidupan Dengan Waktu Sisa?


Kita mungkin sudah sering membaca atau mendengar tentang pentingnya hidup yang seimbang dengan melalui pencapaian sasaran-sasaran yang kita tetapkan dalam seluruh 6 area kehidupan yaitu usaha/karir/keuangan, tubuh yang sehat, pengetahuan/pendidikan, keluarga dan rumah-tangga, hubungan budaya dan sosial, kehidupan rohani/spiritual/etika. Sebagai manusia tentu kita semua mengharapkan dapat mencapai yang terbaik dalam setiap area kehidupan.
Kita mungkin sudah menuliskan sasaran-sasaran untuk semua area kehidupan. Kita juga sudah membuat perencanaan tindakan yang perlu dilakukan untuk dapat merealisasikan semua sasaran-sasaran tersebut. Kita juga bahkan telah membuat daftar prioritas dari aktivitas-aktivitas yang memberikan imbalan bernilai tinggi (high payoff activities). Namun dalam kenyataannya sering kali kita merasa kurang puas dalam pencapaian kinerja dibandingkan dengan apa yang kita harapkan dan perasaan semacam ini bila berkelanjutan dapat merongrong kesehatan dan bahkan kehidupan kita.
Ada 2 pilihan bagi kita seperti yang mungkin sudah sering kita dengar yaitu “hidup ini singkat jadi jangan sia-siakan waktu untuk memikirkan apa yang sudah terjadi dan hidup mengalir saja.” Kita sebaliknya bisa memilih memperlambat langkah kita hingga bahkan berhenti sejenak bilamana diperlukan untuk  melihat kembali sasaran-sasaran dan rencana tindakan serta prioritas yang telah disusun, lalu memikirkan langkah-langkah perbaikan agar dalam hidup ini kita bisa memberikan kontribusi yang berarti.
Ada beberapa hal yang mungkin menjadi hambatan dalam kita mengupayakan pencapaian kinerja yang optimal dari seluruh sasaran-sasaran yang telah ditetapkan. Yang pertama adalah mengenai sikap (attitude). Seperti juga dalam proses pembentukan keahlian, untuk dapat membentuk sikap positif diperlukan proses internalisasi (internalization) membiasakan diri berpikir positif, melalui teknik visualisasi (visualization) dan affirmasi (affirmation/self-talk).
We are what we think, we are what we feel. Keterbatasan (limitations) sering kali kita sendiri yang membuat dalam pikiran kita (self-imposed limitations). Attitude adalah salah satu dari 10 hal yang diperlukan untuk menjadi seorang dengan mentalitas pemenang. (http://follow-hs.blogspot.com/2011/10/if-you-do-what-you-always-did-you-will.html)
Hal kedua yang penting untuk diperhatikan adalah melakukan pengukuran (tracking) atas pencapaian sasaran-sasaran dalam ke 6 area kehidupan tersebut. Pengukuran diperlukan karena memang dalam semua S.M.A.R.T. GoalsTM ada waktu dan ukuran yang menjadi dasar dari rangkaian tindakan dan keputusan kita serta untuk mengetahui apakah sampai dimana pencapaian dibandingkan sasaran. Tanpa adanya pengukuran akan lebih sulit untuk mencapai kinerja tinggi yang diharapkan.
Banyak orang yang menanyakan kepada saya mengapa mereka walaupun sudah bekerja tanpa mengenal lelah, memiliki attitude yang benar, berpikir positif, menuliskan sasaran-sasaran dan melakukan pengukuran serta tracking, namun tetap saja hasil yang mereka capai kurang memuaskan. Saya juga melihat bahwa mereka juga adalah orang-orang yang memiliki keahlian (skills) yang memadai di bidang mereka dan bukan hanya NATAL alias No Actions Talk A Lot.. Jadi apa atau dimana sebenarnya masalah mereka? Ada bahkan orang-orang yang mengatakan bahwa mungkin keberuntungan mereka belum datang?
6P yaitu Proper Prior Planning Prevents Poor Performance, banyak juga yang sudah menyadari bahwa 1 menit yang  dipergunakan untuk perencanaan dapat menghemat 10 menit waktu pelaksanaan. Namun seperti apa yang saya tuliskan dalam judul artikel ini, kebanyakan orang dalam menyusun sasaran-sasaran, membuat perencanaan dan menentukan prioritas kerja mereka hanya mempergunakan waktu sisa mereka. Untuk menyusun sasaran-sasaran dan perencanaan tindakan diperlukan waktu yang direncanakan juga dan jelas tidak bisa hanya pada saat ada waktu sisa.
Mulailah dengan merencanakan dan menyediakan waktu khusus untuk dapat menuliskan sasaran-sasaran dan membuat rencana tindakan sehingga kita bisa bekerja dengan efisien dalam upaya mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan. Dalam menyusun sasaran-sasaran dalam 6 area kehidupan dan dalam usaha kita juga sangat penting diingat bahwa walaupun membuat prioritas adalah memang penting tetapi pastikan bahwa tidak ada satupun dari area kehidupan kita yang hanya mendapatkan porsi waktu sisa.

S.M.A.R.T. Goals(R) is a registered trademark in the US held by The Meyer Resource Group(R), Inc.
Permission to use S.M.A.R.T Goals TM is obtained from:
Copyright (C) The Meyer Resource Group(R), Inc. All Rights Reserved.

No comments: