Tuesday, April 26, 2011

TERLALU TUA


 

Sering kita mendengar dalam pembicaraan, seseorang yang diminta untuk mengemban suatu tugas mengatakan bahwa dirinya sudah terlalu tua untuk tugas tersebut. Atau sebaliknya kerap juga kita mendengar tanggapan atas usulan penugasan yang dianggap penting kepada seorang yang masih muda bahwa orang tersebut terlalu muda sehingga kurang berpengalaman.

Batasan usia tersebut sering kali menjadi faktor penghalang yang diciptakan dalam pikiran kita sehingga perjalanan kita mencapai sukses yang diinginkan menjadi terhambat atau bahkan terhenti sama sekali. Namun jika kita bersedia melaksanakan dan mengabdikan diri kita secara penuh pada sasaran-sasaran kita, kita juga dapat mewujudkan potensi kita secara luar biasa. Banyak sekali kisah tentang orang-orang yang sudah tidak muda yang mencapai sasaran-sasaran berarti, memberikan kontribusi-kontribusi bernilai, atau mencetak prestasi mengesankan.

Muhammad Rachman Sawaludin, seorang petinju dari Indonesia, menjadi juara dunia kelas terbang mini versi WBA menjelang usia 40 tahun. Dia menjadi petinju pertama yang mampu menjadi juara dunia pada usia tersebut - usia yang dianggap sudah melampaui masa untuk mencetak prestasi bukan saja dalam olah raga tinju tetapi juga dalam hampir seluruh cabang olah raga. Namun Rachman telah membuktikan bahwa dia belum terlalu tua untuk menjadi seorang juara dunia.

Tolaklah pendapat yang mengatakan bahwa kita terlalu muda untuk meraih kesuksesan. Juga kita tidak pernah terlalu tua untuk mempergunakan potensi yang belum terpakai. Mereka yang mendapatkan kepuasan mendalam dan sesungguhnya dalam hidup adalah mereka yang memandang kehidupan sebagai sebuah laboratorium untuk terus menerus belajar.
 Kita tidak pernah terlalu tua atau terlalu muda untuk menekuni minat kita dengan menggunakan potensi diri untuk mencapai tujuan-tujuan hidup kita.

No comments: