Saturday, April 23, 2011

TEKAD BUKAN NEKAD


Kata takut dan ketakutan sering kita baca dan dengar. Kita semua pasti pernah atau bahkan sering mengalaminya. Adalah wajar sebagai manusia kita memiliki perasaan takut. Takut gagal dalam menghadapi masa depan yang kelihatannya akan banyak rintangan menghadang. Takut untuk memulai. Namun keberanian sesungguhnya muncul sebagai akibat dari keputusan untuk mengatasi rasa takut dengan menyusun langkah-langkah untuk menghadapi apa yang ditakutkan. Apabila anda memiliki perasaan takut gagal untuk mencapai sasaran-sasaran yang anda tetapkan itu dapat berarti bahwa sasaran-sasaran tersebut memang menantang dan karenanya berharga untuk diraih.

Orang-orang yang sudah mencapai kesuksesan adalah mereka yang berhasil mengatasi rasa takut. Keberanian dan ketakutan berada pada dua sisi yang berbeda dari lembaran mata uang. Selalu ingatkan diri anda untuk membangun keberanian dengan melakukan evaluasi atas pencapaian sasaran-sasaran jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Fokuskan perhatian pada sasaran-sasaran yang harus anda buat sedemikian rupa sehingga anda secara bertahap dapat mencapai sasaran-sasaran tersebut. Keberhasilan dalam mencapai sasaran-sasaran yang lebih mudah akan meningkatkan rasa percaya diri anda. Setelah anda mencapai sebuah sasaran, buat sasaran baru yang lebih tinggi, demikian seterusnya. Terus latih diri anda untuk meningkatkan kemampuan dan/atau mengurangi kelemahan yang ada.

Jadi untuk mencapai kesuksesan anda harus mengubah perasaan takut menjadi berani dengan membuat sasaran-sasaran untuk seluruh 6 area kehidupan yaitu finansial, edukasi, kesehatan, keluarga, sosial dan spiritual. Bukan hanya dengan ”nekad” menerobos halangan-halangan tetapi dengan ”tekad” untuk mencapai sasaran-sasaran anda tersebut.

No comments: