Saturday, April 30, 2011

2% INSPIRASI


Dua hari yang lalu saya memenuhi undangan dari teman lama saya Imelda Akmal, seorang arsitek dan juga penulis ternama, dalam acara peluncuran buku barunya. Di acara yang sama saya juga bertemu dengan teman lain seorang arsitek kondang Yori Antar. Dalam jeda acara saya sempat berbicara dengan mereka berdua dan beberapa arsitek lainnya dimana saya mengajukan sebuah pertanyaan sederhana yaitu tentang faktor inspirasi dalam profesi mereka dan saya coba merangkum komentar mereka.

Inspirasi adalah awal dari karya-karya besar yang dihasilkan oleh para arsitek dan desainer maupun orang-orang yang sukses dalam bidang-bidang lain. Banyak anggapan bahwa untuk mendapatkan inspirasi diperlukan ketenangan dan waktu serta tempat-tempat yang dapat mendatangkan inspirasi. Namun dari pengamatan saya pada beberapa orang-orang yang saya kenal baik dan juga dari puteri saya yang juga memilih profesi sebagai arsitek, serta pengalaman diri saya sendiri, inspirasi-inspirasi justeru lebih sering muncul pada saat merencanakan dan bekerja. Jadi bukan sebaliknya hanya dengan duduk diam dan menunggu datangnya inspirasi lalu baru mulai bekerja. Para pencipta lagu terkenal seperti misalnya Kurt Kaiser juga mendapatkan inspirasi dan menghasilkan karya-karya pada saat berlatih dengan tekun. Inspirasi-inspirasi akan muncul manakala kita berlatih atau bekerja dengan penuh kesungguhan untuk mencapai sasaran-sasaran di seluruh area kehidupan kita.

Seperti dikatakan oleh Thomas Edison bahwa sukses adalah 2% inspirasi dan 98% perspirasi. Apapun profesi kita, bekerja sungguh-sungguh sangat diperlukan untuk dapat mencapai sasaran-sasaran yang telah kita tetapkan. Dalam banyak sekali cerita yang sudah saya dengar langsung maupun baca, bahkan kegagalan-kegagalan yang dialami oleh orang-orang yang kemudian menjadi sukses menjadi sumber inspirasi dan mendorong mereka terus berusaha untuk mencapai impian-impian mereka. Teruslah berkarya dan berusaha dan pasti inspirasi-inspirasi akan muncul sehingga memungkinkan kita  berhasil mencapai atau bahkan melebihi sasaran-sasaran yang kita tetapkan.

No comments: