Saturday, May 13, 2017

PERUBAHAN


Kita semua tentu menginginkan perubahan dari keadaan NKRI yang telah sekian lamanya dirongrong oleh orang-orang yang bermentalitas tidak jujur dengan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan.

Namun siapkah kita melakukan perubahan mulai dari diri kita sendiri?

Banyak dari kita merasa telah melakukan yang seharusnya dan taat pada peraturan serta tidak pernah mau merugikan orang-orang lainBenarkah kita sudah demikian?

Coba kita lihat bagaimana kita berperilaku di jalan raya. Ada orang-orang yang tidak peduli dengan peraturan bahwa bahu jalan hanya boleh dipergunakan dalam keadaan darurat misalnya bila diperlukan oleh mobil ambulan, mobil pemadam kebakaran atau mobil patroli polisi, dan mereka setiap kali mempergunakan bahu jalan serta kemudian memaksa menyalip kendaraan-kendaraan lain yang telah rela berjalan di lajur yang seharusnya sehingga menyebabkan kemacetan semakin parah. Bila ternyata ada polisi, para pelanggar peraturan tersebut baru akan dengan segera berusaha masuk kembali ke lajur yang seharusnya dan setelah itu mereka akan kembali mempergunakan bahu jalan. Ada bahkan orang-orang yang merasa kebal hukum karena mempergunakan kendaraan dengan nomor polisi khusus sehingga tidak takut kepada petugas polisi.

Namun ada banyak orang-orang yang rela kendaraan mereka tetap berada di lajur yang seharusnya ketika jalan yang mereka lewati mengalami kemacetan panjang dan memang orang-orang yang sadar akan peraturan ini lebih banyak jumlahnya dibandingkan orang-orang yang dengan sadar melanggar peraturan lalu lintas.

Termasuk jenis pengguna jalan raya yang manakah kita?

Jika Anda saat ini meneriakkan pentingnya perubahan namun ternyata Anda termasuk golongan pengguna jalan raya yang suka melanggar peraturan lalu lintas dengan mempergunakan bahu jalan karena alasan banyak orang lain yang melakukannya atau terpaksa karena selalu dikejar waktubuanglah dulu kebiasaan buruk dalam berlalu lintas di jalan raya tersebut. Bila Anda tidak mau terjebak kemacetan sehingga terlambat tiba di tempat yang ingin Anda tuju di pagi hari, bangunlah lebih pagi agar bisa berangkat lebih pagi atau berangkatlah lebih awal ketika hendak menuju suatu tempat di siang atau sore atau malam hari sehingga tidak terlambat tiba di tempat yang dituju.

Untuk kita yang sudah terbiasa patuh kepada peraturan jalan raya, mari kita teruskan perilaku berkendara secara benar yang memang sudah kita lakukan.

Membuang kebiasaan buruk dan menggantinya dengan perilaku taat peraturan memang membutuhkan kesungguhan hati.

Ayo kita terus mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dengan memulai perubahan dari diri sendiri ke arah yang benar dengan memastikan bahwa kita melakukan segala sesuatunya dengan benar.


#AYOBERUBAHJADIBENAR

No comments: