Friday, November 20, 2015

PAPA



Dalam beberapa bulan terakhir ini ada beberapa kenalan bisnis dan teman yang meninggal karena serangan jantung.  Kesedihan dan rasa tidak percaya bahwa hal tersebut terjadi sangat tergambar pada wajah dari anggota keluarga mereka yang ditinggalkan dan hampir semua dari mereka mengatakan dengan sedih bahwa mereka tidak pernah menduga kejadian mendadak tersebut.


Papa kami bukan meninggal karena serangan jantung namun karena usia tua pada tanggal 31 Oktober 2015 namun kami juga tidak menduga bila hal tersebut terjadi karena kami berpikir bahwa papa masih akan ada untuk 10 atau 15 tahun lagi.  Namun kita semua harus memahami bahwa usia hidup seseorang tidak pernah akan bisa kita duga kapan akan berakhir karena hidup yang kita miliki merupakan Karunia dari Sang Pencipta.  

Walaupun mama sebagai isteri, kami semua sebagai anak-anak dan cucu cucu sudah merelakan kepulangan papa kembali kepada Sang Pencipta, namun tetap saja pada hari ini tanggal 19 November yang adalah tanggal kelahiran papa, ada sebuah perasaan kehilangan yang menyergap dan membuat kami mengenang beliau dan berterima kasih atas semua yang telah papa lakukan buat kami semua.

Karena kita semua tidak akan pernah tahu secara pasti kapan saatnya kita akan menghembuskan nafas terakhir,  kita mesti jadi lebih menyadari betapa pentingnya hidup yang dikaruniakan Sang Pencipta untuk diisi dengan hal-hal yang bermanfaat tidak saja untuk kepentingan diri sendiri namun juga untuk keluarga, sanak famili, dan lingkungan yang lebih besar seperti teman-teman, orang-orang di tempat kita bekerja atau di tempat kita berusaha dan juga masyarakat.



Jadikan setiap momen dalam hidup kita berharga.  Tidak semua yang kita inginkan bisa terlaksana atau kita dapatkan, namun teruslah berupaya melakukan segala hal dengan lebih baik dari waktu ke waktu.

Akan ada saat-saat yang tidak menyenangkan dan bahkan mengecewakan kita tetapi tetaplah melihat berbagai hal yang terjadi dalam hidup ini dengan perspektif positif dan terus berpikir serta bertindak secara positif

Isilah hidup kita dengan berbagai hal yang bermanfaat dan ingatlah selalu untuk menjalani hidup dengan penuh rasa syukur.

No comments: