Sunday, February 22, 2015

PEGANG KENDALI KEHIDUPAN ANDA





Waktu terus berjalan dan tanpa terasa kita sudah tiba pada penghujung bulan kedua tahun 2015 ini. Bagaimana perkembangan selama hampir dua bulan pertama di tahun ini dari semua sasaran yang telah anda tetapkan? Apakah anda masih tetap memiliki semangat untuk merealisasikan semua yang ingin anda raih pada tahun 2015 ini?

Seringkali berbagai halangan dan hambatan yang memang bisa saja muncul dalam kehidupan dapat membuat kita jadi kurang bersemangat lagi untuk terus melakukan langkah-langkah yang diperlukan guna merealisasikan berbagai sasaran yang sebelumnya begitu ingin kita raih. Mencoba untuk mengabaikan situasi tidak diharapkan yang sudah terjadi lalu terus saja berusaha lebih keras bukanlah sebuah keputusan yang bijak.

Apabila memang anda menghadapi berbagai kendala dalam pelaksanaan tugas-tugas, beberapa tips berikut bisa anda coba terapkan:

  • Pastikan bahwa anda telah memahami langkah-langkah yang memang diperlukan dalam pelaksanaan tugas. 
  • Saat ada kendala, berusahalah untuk mencari pemecahan dengan berpikir kreatif, think outside the box. 
  • Anda jangan pernah merasa malu untuk meminta bantuan dengan memanfaatkan network yang sudah anda bangun. 
  • Berbagai hambatan dapat menimbulkan tekanan waktu dan dapat meningkatkan stress namun anda perlu untuk tetap memperhatikan prioritas yang sudah anda susun agar secara tepat waktu dapat menyelesaikan tugas-tugas utama. 
  • Hindari penundaan dalam pelaksanaan tugas-tugas penting karena anda tidak pernah bisa memperkirakan kejadian tidak terduga yang dapat saja terjadi kemudian yang tidak memberikan anda cukup waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas penting tersebut. 
  • Bila anda adalah seorang atasan yang memiliki beberapa bawahan, pendelegasian beberapa tugas rutin yang memang seharusnya bisa dilakukan oleh bawahan selain memberikan kepada anda tambahan waktu juga akan berarti kesempatan bagi bawahan anda untuk lebih berkembang.

Setiap orang memiliki jumlah waktu 24-jam yang sama dalam sehari dan dengan manajemen waktu yang baik kita akan dapat terhindar dari mengerjakan tugas-tugas secara terburu-buru, hanya karena kesalahan telah menggunakan waktu untuk hal-hal yang memiliki prioritas lebih rendah. 

Jangan pernah tergoda untuk dalam hitungan detik segera membalas sms, e-mail atau bbm yang masuk apabila anda sedang mengerjakan suatu tugas karena akan dapat memecah konsentrasi anda dan selain dapat berakibat pada tertundanya penyelesaian tugas tersebut juga bisa saja membuat anda melakukan kesalahan

Berbagai perangkat elektronik yang dapat memberikan banyak informasi dengan sangat cepat seharusnya membantu anda mengendalikan penggunaan waktu dan jalannya kehidupan anda dan tidak justeru sebaliknya dimana perangkat komunikasi elektronik tersebut yang menjadi boss dan mengendalikan kehidupan anda.



No comments: