Thursday, January 22, 2015

PIMPIN–BANGUN TIM-KEMBANGKAN




Tugas utama anda sebagai seorang manajer adalah untuk mendapatkan hasil2 melalui pengarahan aktivitas2 orang2 lain, maka saran2 perbaikan dalam berbagai ketrampilan manajemen yang diperlukan akan diarahkan pada berbagai interaksi antara anda sebagai seorang manajer dengan orang2 di bawah tanggung jawab anda dan pengaruh dari berbagai ketrampilan manajemen tersebut terhadap keberhasilan perusahaan.

Ketika anda sebagai seorang manajer berinteraksi dengan orang2 yang anda kelola dalam perusahaan, setidaknya ada 3 hal penting sebagai berikut:

1. Sebagai seorang pemimpin

Seorang pemimpin harus berada di garis depan ketika mempersiapkan langkah2.  Anda harus secara jelas memahami sasaran2 perusahaan dan mengetahui langkah2 yang mesti dilakukan untuk mencapai berbagai sasaran tersebut. 

Dalam ruang lingkup tujuan dan sasaran2 perusahaan inilah anda memiliki kesempatan sekaligus tanggung jawab dalam memberikan arahan bagi tindakan2 yang akan dilakukan oleh semua orang yang anda pimpin. 

Sebagai pemimpin, anda menentukan arah pada perusahaan. Anda menetapkan arah yang mesti dituju oleh semua orang dan membantu mereka memilih jalur terbaik untuk mencapai tujuan tersebut. 

Sebagai pemimpin, anda mesti melakukan evaluasi, koreksi, dan memberikan semangat untuk mengatasi berbagai rintangan yang mungkin menghadang.

Kepemimpinan adalah lebih dari sekedar memberikan perintah2 dan arahan2 serta untuk kemudian menuntut kepatuhan penuh

Kepemimpinan mencakup kemampuan mendapatkan komitmen dari mereka yang anda pimpin sehingga seperti anda mereka memahami peranan mereka dalam pencapaian tujuan perusahaan secara keseluruhan dan memiliki komitmen untuk keberhasilan perusahaan

Kepemimpinan juga mencakup kemahiran dalam berkomunikasi, melakukan persuasi, dan menginspirasi orang2 untuk bertindak.


2. Sebagai pembangun kerjasama tim

Walaupun semua orang dalam suatu perusahaan sudah bekerja keras, loyal pada perusahaan dan yakin pada tujuan perusahaan, namun ada kalanya perusahaan tersebut tetap tidak berhasil mencapai sasaran2nya. Masalahnya lebih sering disebabkan orang2 yang ada di dalamnya tidak bekerja selayaknya sebuah team. Mereka semua mungkin telah memiliki visi yang sama, namun bertindak melalui jalur yang berbeda-beda ketika mereka mengupayakan pencapaiannya.

Merupakan tanggung jawab seorang manajer untuk mengatur berbagai kelompok orang menjadi sebuah tim yang dapat menjalankan fungsi mereka dengan baik. 

Manajer dapat diumpamakan seorang kapten yang mengatur permainan dalam tim sepakbola, dan menetapkan peranan yang berbeda-beda yang akan dimainkan oleh setiap anggota tim. 

Apabila seorang kapten hanya mengarahkan agar setiap pemain dapat mencetak angka dalam permainan, semua upaya yang dilakukan dapat menjadi tidak terkoordinasi.  Setiap pemain kemungkinan besar akan bermain dengan cara masing2, dan bola tidak akan pernah menjebol gawang lawan. Tetapi ketika setiap pemain menjalankan peranan spesifik yang diberikan, serangan akan menjadi terpadu sehingga berhasil mencetak gol di gawang lawan.


3. Sebagai pengembang manusia

Jika anda ingin dapat meraih hasil berlipat ganda melalui orang2 dalam perusahaan anda, ada dua pilihan cara untuk dapat mencapai sasaran tersebut. 

Cara pertama adalah anda bisa menambah jumlah orang lalu mengharapkan mencapai hasil2 lebih banyak. Namun seiring dengan langkah tersebut biaya dipastikan akan meningkat, sebanyak atau bahkan sering kali lebih besar dibandingkan hasil2 yang kemudian diperoleh

Cara kedua yang merupakan pendekatan lebih praktis dalam banyak upaya untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan mengembangkan orang2 yang sudah ada.

Anda perlu mengembangkan berbagai ketrampilan baru untuk mendapatkan hasil2 lebih tinggi dalam bidang tanggung jawab anda. Anda dapat melipatgandakan efek2 pengembangan kemampuan diri anda sebagai seorang manajer dengan memberikan inspirasi kepada anggota2 tim anda untuk juga mengupayakan pengembangan diri. 

Ketika anda memimpin dan memberikan inspirasi pada para anggota tim anda untuk mendapatkan berbagai ketrampilan baru dan untuk lebih produktif dalam semua aktivitas pekerjaan mereka, anda telah menciptakan suatu kekuatan tanpa batas pada efektivitas perusahaan anda. 

Seorang manajer harus mampu menjadi pengembang manusia. Peranan anda sebagai pengembang manusia memiliki baik aspek formal maupun informal. Secara formal, anda bertanggung jawab dalam menyediakan kesempatan2 pelatihan yang sistematis dan terstruktur bagi setiap anggota tim anda. Pelatihan mencakup orientasi bagi setiap karyawan baru, petunjuk dan instruksi yang spesifik dan jelas tentang tanggung jawab pekerjaan yang dapat anda sampaikan sendiri atau melalui seseorang yang anda tugaskan, dan berbagai topik pelatihan yang direncanakan. Topik-topik pelatihan mencakup segala hal yang diperlukan untuk dapat menjadikan setiap anggota tim anda bekerja lebih efektif seperti misalnya pelatihan penggunaan teknologi baru dan/atau prosedur2 baru yang akan dijalankan dalam bidang pekerjaan mereka, pelatihan berbagai ketrampilan, dan pelatihan pengembangan diri dalam sikap dan kebiasaan2 kerja yang baik

Sedangkan kesempatan2 pelatihan informal adalah dengan memberikan teladan lewat diri anda sendiri sebagai contoh kepemimpinan yang baik serta seluruh interaksi tatap muka secara pribadi dengan orang2 dimana anda memberikan pelatihan untuk perbaikan dan untuk memastikan tercapainya kemajuan perusahaan.

Adalah fungsi seorang manajer untuk memastikan bahwa setiap anggota tim mendapat tugas yang semestinya, mengetahui bagaimana melaksanakan tugasnya, dan memiliki komitmen dalam melaksanakan tugas2 tersebut.

No comments: