Thursday, January 22, 2015

Peningkatan Kinerja melalui PEMBERDAYAAN




Sebagai seorang pemimpin, baik itu di rumah, komunitas, perusahaan dan organisasi pada umumnya, kita diharapkan dapat mendukung orang2 yang kita pimpin untuk menggali dan mempergunakan potensi diri mereka sehingga dapat mencapai sasaran-sasaran pribadi mereka dan pada waktu yang bersamaan merealisasikan sasaran-sasaran organisasi yang telah ditetapkan.

Pemberdayaan adalah memang sebuah cara paling efektif meningkatkan kesadaran orang2 yang anda pimpin untuk dapat bersikap dan bertingkah laku serta mendayagunakan kemampuan diri mereka untuk mencapai sasaran2 organisasi dan pada waktu yang bersamaan juga mencapai sasaran2 pribadi mereka. Untuk dapat melakukan pemberdayaan, seorang pemimpin perlu memiliki positive expectancy bukan saja pada dirinya sendiri tetapi juga pada orang-orang yang dia pimpin.

Kita semua mesti menyadari pentingnya menetapkan sasaran2 sebagai dasar untuk pencapaian dalam seluruh area kehidupan. Dan karena perusahaan yang kita pimpin terdiri atas orang2, maka peran penting seorang pemimpin adalah untuk memastikan bahwa mereka semua juga mesti memiliki sasaran2, baik untuk pribadi mereka maupun sasaran2 mereka sebagai bagian dari organisasi.
Seorang pemimpin harus memiliki keyakinan pada orang2 dalam organisasi bahwa mereka akan mempergunakan potensi mereka sehingga dapat memberikan kontribusi yang bernilai. Hubungan yang positif dan produktif antara seseorang dengan orang2 di semua area kehidupan adalah dasar bagi orang tersebut sebagai pemimpin untuk dapat mencapai pertumbuhan, produktivitas dan hasil-hasil yang diinginkan dari organisasi yang dia pimpin. Hubungan yang positif tersebut hanya akan tercipta manakala dibangun di atas dasar saling percaya, respek dan harga diri. Untuk membangun hubungan yang positif dibutuhkan ketrampilan menangani hubungan antar manusia atau yang disebut people skills.

Seorang pemimpin yang memiliki pengetahuan tinggi dan beragam kemampuan belum tentu menjamin kesuksesan sebuah perusahaan atau organisasi yang dipimpinnya. Bahkan seorang pemimpin yang berkemampuan tinggi dan sudah efektif dalam melaksanakan bagian tugasnya secara produktif serta efektif dalam  kepemimpinan diri sendiri, masih akan tergantung kepada seberapa efektif orang2 lain dalam perusahaan atau organisasi yang dipimpinnya.

Dengan perkataan lain, seorang pemimpin efektif dalam upayanya untuk dapat membawa organisasi meraih kesuksesan perlu didukung oleh orang2 lain yang juga melakukan tugas mereka dengan efektif.

Esensi dari kepemimpinan yang efektif adalah bukan hanya pada beragam kemampuan teknis maupun energi yang tidak terbatas seperti seorang manusia super akan tetapi adalah kemampuan mempengaruhi secara positif  sehingga orang-orang yang bekerja bersamanya secara sadar dan sukarela mau dan mampu melaksanakan tugas2 secara efektif.

Anda kemungkinan juga pernah mendengar kalimat “with great power comes great responsibility”  seperti yang disebutkan oleh Franklin D. Roosevelt  namun menjadi lebih diketahui oleh banyak orang lewat film yang juga menceritakan seorang tokoh superhero yaitu Spiderman tentu saja bisa anda mencoba untuk menerapkan kalimat tersebut dalam sebuah sikap positif altruistik yang merupakan visualisasi dari semua tokoh superhero imaginatif manapun yaitu  bahwa kemampuan yang mereka miliki adalah untuk melindungi dan menolong orang2 yang mengalami kesulitan, dalam hal ini anda yang memiliki kemampuan lebih tinggi menjadi wajib untuk menolong orang2 dalam organisasi lewat berbagai upaya pemberdayaan.

Seorang pemimpin akan menjadi lebih efektif manakala dia mampu menolong orang2 lain juga menjadi lebih efektif. Namun sebelum anda menganggap diri anda lebih hebat dibandingkan orang-orang di sekitar anda, teliti terlebih dahulu sebab mungkin saja di antara orang2 yang bekerja untuk anda ternyata juga ada beberapa orang yang memiliki kemampuan-kemampuan setara dengan anda atau memiliki aspek kehebatan berbeda serta bahkan mungkin juga kemampuan mereka lebih baik dari anda sehingga sebuah upaya kolaborasi akan lebih sesuai untuk anda lakukan yang akan memberikan anda sebuah tim super untuk anda pimpin.


Penting untuk disadari bahwa pemberdayaan yang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja organisasi adalah sebuah proses dan bukan hanya berfokus kepada potensi dan membuat sasaran-sasaran saja karena semua itu akan tergantung pada perilaku dan sikap dari orang-orang dalam melaksanakan tugas dan kewajiban mereka. Kemampuan untuk mendengarkan, memberikan tugas-tugas disertai pendelegasian wewenang yang sesuai dengan tanggung jawab yang diminta, melakukan evaluasi atas hasil kerja dibandingkan dengan sasaran-sasaran yang telah ditetapkan, serta memberikan pengakuan atas prestasi yang dicapai oleh orang-orang yang dipimpin akan menentukan efektivitas dari upaya empowerment yang dilakukan oleh seorang pemimpin.
Hal terpenting dari pemberdayaan adalah bahwa dengan memberdayakan orang-orang lain akan berarti memberikan peluang kepada kita sebagai pemimpin untuk juga lebih memberdayakan diri kita sendiri.

No comments: