Wednesday, January 29, 2014

ATMOSFIR




Menciptakan lingkungan kerja yang mendukung




Jika para karyawan anda merasa terancam, tidak aman, atau rapuh, perkembangan mereka terhambat. Mereka akan enggan untuk mencoba hal-hal baru. Mereka menjadi sangat berhati-hati, tidak pasti, dan kemungkinan besar mereka memang akan gagal.




Perubahan dapat dengan lebih mudah diterima oleh orang-orang yang ada dalam
lingkungan yang mendukung. Dalam suasana psikologis yang aman membuat bawahan lebih berani mengambil risiko dan bereksperimen dengan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu.

Sediakan lingkungan kerja di mana mereka dapat dengan nyaman melatih keterampilan atau metode kerja yang baru tanpa merasa bahwa mereka sedang dinilai atau dievaluasi secara kritis oleh anda atau para rekan kerja mereka. Buatlah menjadi mudah bagi mereka untuk
melakukan eksperimen dan mengajukan pertanyaan tanpa harus merasa dianggap bodoh atau tidak kompeten.


Berkonsentrasilah pada pembentukan perilaku karyawan, bukan pada pembuatan peringkat perilaku orang-orang. Jadikanlah diri anda seorang pelatih, bukan seorang hakim atau wasit. Berikan dukungan positif kepada para karyawan segera setelah anda melihat perilaku mereka dalam bekerja bergerak ke arah yang benar, tanpa menunggu hingga mereka  memiliki perilaku sempurna yang diharapkan.

Orang-orang sangat cepat bisa merasakan
sikap anda sebagai pimpinan. Mereka dapat membaca situasi - apakah aman atau tidak dalam usaha mereka melakukan hal-hal dengan cara yang baru... mereka hanya cukup memperhatikan apa yang terjadi ketika orang mengalami kegagalan atau tidak mencapai hasil yang diharapkan.

Suasana yang anda ciptakan haruslah dapat menjadi pendorong dan memberikan penegasan. Seperti ungkapan dalam buku The One-Minute Manager,
anda diharapkan "mendapati orang sedang melakukan sesuatu yang benar."  Hal tersebut menciptakan sebuah suasana di mana orang-orang berkembang, dan di mana perubahan dapat mengakar.

No comments: