Sunday, October 6, 2013

MENGAPA PARA PEMIMPIN SANGAT PENTING?




Hari Sabtu kemarin salah seorang dari sahabat-sahabat terbaik saya mengadakan sebuah permainan dengan melibatkan para karyawan-karyawati di kantornya.

Setiap orang diminta untuk mencoba menirukan perilaku sehari-hari dari rekan sekantor mereka. Tujuan dari permainan tersebut adalah agar seorang dapat menjadi seperti cermin bagi rekan yang lain. Yang menarik adalah bahwa diantara para karyawan tersebut ada salah seorang dari mereka yang berani memilih untuk menirukan perilaku sehari-hari dari atasan tertinggi di kantor tersebut yang tidak lain adalah sahabat saya tersebut.  :-D

Terjadi perubahan-perubahan yang sangat cepat dalam dunia bisnis maupun sosial kemasyarakatan sehingga para pemimpin setiap saat selalu dihadapkan pada banyak tantangan dan situasi sulit. Namun demikian setiap pemimpin dalam waktu yang sangat terbatas tetap diharapkan dengan cepat dapat membuat keputusan-keputusan tepat yang diperlukan.

Keputusan yang dibuat dan terutama sikap yang ditampilkan oleh seorang pemimpin dalam situasi sulit atau krisis akan merupakan indikator yang lebih tepat untuk mengukur kadar kepemimpinan orang tersebut.

Sikap anda sebagai seorang pemimpin tentu akan sangat menentukan suasana yang akan secara langsung mempengaruhi sikap dari orang-orang yang anda pimpin dalam melaksanakan tugas-tugas mereka.

Menurut sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini, didapatkan fakta bahwa hampir 65% dari responden lebih memilih untuk mendapatkan atasan yang lebih baik dibandingkan mendapatkan kenaikan gaji.

Apakah kita adalah para pemimpin yang membangkitkan semangat atau justeru sebaliknya bahkan menjatuhkan mental orang-orang?

Apakah kita menjadi pemimpin dimana orang-orang berani untuk menjadi cermin bagi perilaku kita sehari-hari?


No comments: