Thursday, May 16, 2013

7,000 TAHUN



Dari pemaparan laporan keuangan tahunan, seorang pengusaha yang sukses lewat beraneka ragam bisnis yang dimilikinya mendapatkan informasi tentang laba bersih setelah pajak sebesar 40 milyar Rupiah untuk tahun lalu. Apabila dihitung secara harian, jumlah laba bersih tersebut ekivalen dengan sekitar 109 juta Rupiah per hari, sebuah jumlah yang sangat fantastis buat kebanyakan orang!!


Tetapi apabila kita bandingkan dengan seorang Warren Buffett yang telah memberikan 31 milyar dollar AS dari kekayaannya untuk sebuah yayasan sosial, jumlah laba bersih 109 juta Rupiah perhari tadi menjadi sangat kecil sebab untuk bisa mencapai jumlah yang disumbangkan Warren Buffett tersebut akan diperlukan waktu hampir 7,000 tahun!! 

Dan dalam waktu sangat panjang dan jauh di luar kemampuan hidup manusia tersebut, andaikata saja pengusaha tersebut mencoba melakukannya, dia baru akan mampu mengumpulkan jumlah setara sumbangan dan belum mencapai jumlah kekayaan yang sudah dimiliki oleh seorang Warren Buffett.

Mengenai kekayaan luar biasa yang dimiliki oleh seorang Warren Buffett sehingga pernah menjadi orang terkaya di atas muka bumi sudah sangat banyak dipublikasikan dan pasti sudah sangat banyak orang mencoba berbagai nasehat-nasehat yang disampaikan olehnya dan sangat mungkin beberapa ribu orang termasuk mereka yang menjadi multi milyarder muda dalam satu dekade terakhir ini menjadi sangat sukses karena membaca dan mencoba menerapkan nasehat-nasehat tersebut. 

Namun dalam kenyataannya jauh lebih banyak orang yang mencoba mengikuti nasehat-nasehat dari Warren Buffett tersebut tetapi belum juga berhasil.  Dan tentunya mereka yang sudah berhasil menjadi multi milyarder tersebut masih akan diuji oleh waktu apakah mereka akan sanggup bertahan dalam posisi mereka hingga 5 atau 10 tahun mendatang seperti yang sudah dibuktikan oleh seorang Warren Buffett.

Ada beberapa nasehat-nasehat  berikut ini yang disampaikan olehnya dan kita tentu boleh mencoba menerapkan dalam aktivitas-aktivitas kita sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup kita sebagai berikut:

“You only have to do a very few things right in your life so long as you don’t do too many things wrong.”

Jadi menurut Warren Buffett, dengan fokus pada hanya beberapa hal dan mengupayakan dengan sebaik-baiknya merupakan salah satu cara untuk dapat mencapai kesuksesan namun dengan catatan bahwa kita tidak juga melakukan terlalu banyak kesalahan dalam hal-hal lain. 

“The rich invest in time; the poor invest in money.”

Ini mungkin sebuah nasehat yang tidak lazim kita dengar karena dalam kenyataannya memang kebanyakan orang yang memiliki uang lebih memikirkan tentang investasi dalam bentuk uang dan bentuk kepemilikan lainnya. Sedangkan yang dimaksud dengan “the poor” tentunya tidak memiliki cukup uang untuk diinvestasikan. Tetapi yang dimaksud dengan “invest in time” oleh Warren Buffett adalah bahwa dalam melakukan investasi dia melihat nilai total pengembalian investasi dalam jangka panjang sedangkan kebanyakan orang akan memilih investasi dalam jangka yang lebih pendek.

“The happiest people do not necessarily have the best things. They simply appreciate the things they have.”

Lewat nasehat bijaksana ini Warren Buffett ingin menyadarkan kita semua bahwa belum tentu semua orang yang sudah demikian berhasil dan memiliki segala hal yang terbaik merupakan orang-orang yang paling bahagia dan saya yakin anda sekalian juga akan sepakat dengan apa yang disampaikannya yaitu bahwa orang-orang yang paling berbahagia adalah mereka yang mampu bersyukur dengan apa-apa yang sudah mereka miliki.

Masih memikirkan tentang 7,000 tahun? Tentu anda bebas menentukan pilihan cara anda masing-masing untuk mencapai kesuksesan yang ingin diraih namun selalulah bersyukur atas segala yang telah anda miliki.

No comments: