Tuesday, April 23, 2013

SEMANGAT




Adalah sangat penting untuk dapat memiliki dan mempertahankan semangat atau antusiasme dalam menjalankan upaya-upaya untuk merealisasikan sasaran-sasaran.  Berbagai hambatan dan tekanan dapat menurunkan semangat seseorang dan pada suatu titik dapat membuat seseorang kehilangan semangat dan menyerah.

Hambatan dan halangan dapat muncul dalam setiap upaya untuk meraih sasaran-sasaran yang disebabkan karena kurang baiknya proses perencanaan dan persiapan awal atau karena kurangnya kemampuan individu maupun tim dalam tahap implementasi rencana.  

Bahkan strategi yang tepat dan berhasil di masa lalu dapat saja justeru mengakibatkan masalah yang pelik pada masa sekarang

Pada saat yang bersamaan biasa juga muncul berbagai hambatan dan halangan karena terjadinya perubahan-perubahan di lingkungan eksternal.  Dalam dunia bisnis, dari waktu ke waktu berbagai inovasi dan terobosan-terobosan yang dilakukan oleh para kompetitor, perubahan-perubahan selera konsumen serta perubahan kebijakan pemerintah merupakan bentuk-bentuk hambatan yang bisa sangat menekan bisnis anda.

Anda mungkin sudah berhasil menyusun strategi yang baik namun ketekunan dan kepiawaian dalam eksekusi dari hari ke hari yang akan menentukan keberhasilan dalam meraih sasaran-sasaran yang telah anda tetapkan.  Apalagi dalam perubahan yang terjadi sangat cepat dewasa ini, strategi menjadi lebih cepat kadaluarsa.

Seberapa seringkah anda merasa kehilangan semangat ketika halangan demi halangan terus bermunculan dalam upaya untuk meraih sasaran-sasaran anda?

Dalam keadaan penuh hambatan dan halangan, untuk dapat menjaga atau mengembalikan semangat  agar tetap tinggi, anda perlu berkeringat dengan terus berusaha lebih giat menjalankan langkah-langkah yang diperlukan untuk dapat merealisasikan sasaran-sasaran. Keringat dapat diumpamakan sebagai bahan bakar untuk semangat.   Anda juga perlu untuk selalu mempertajam dan menambah kapasitas daya-ingat yang bisa diumpamakan sebagai busi. Dan manakala ternyata bahwa batas waktu untuk merealisasikan sasaran-sasaran terlewati, ingatlah bahwa anda sendiri yang menentukan tenggat atau batas waktu untuk dapat merealisasikan sasaran-sasaran tersebut sehingga anda dapat menambah waktu yang diperlukan manakala berbagai hambatan muncul dan menghalangi jalan anda.

Keringat dapat diumpamakan sebagai bahan bakar dan daya-ingat adalah seperti busi yang mengeluarkan percikan-percikan, sedangkan tenggat adalah pengaturan waktu pembakaran. Walaupun berbagai hambatan dan halangan muncul, anda akan tetap dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan semangat dengan mengatur ulang jadwal kegiatan anda, mengalokasikan ulang sumber-sumber daya, dan terus meningkatkan berbagai kemampuan anda.

No comments: