Monday, November 12, 2012

MENGABAIKAN SARAN NEGATIP




Anda pasti sesekali akan berhadapan dengan orang-orang yang mengatakan kepada anda untuk tidak meneruskan upaya anda karena menurut penilaian mereka hal tersebut tidak akan bisa diimplementasikan walaupun mereka setuju bahwa rencana anda memang brilian.
Atau bisa juga anda mengalami situasi dimana lingkungan pekerjaan atau bahkan lingkaran kehidupan anda seperti keluarga dan/atau masyarakat yang penuh dengan pandangan-pandangan skeptis dan cenderung negatif atas setiap upaya baru yang sedang anda coba lakukan. Bayangkan apabila anda baru bergabung dalam sebuah perusahaan dan apa yang anda hadapi adalah saran-saran negatif untuk tidak melakukan ini dan itu karena menurut mereka seperti yang sudah-sudah kemungkinan besar pemilik perusahaan tidak akan menyetujui usulan-usulan baru tersebut.
Apakah anda mesti mencoba meyakinkan mereka dengan pendekatan persuasif bahwa apa yang akan anda lakukan akan bermanfaat untuk profitabilitas perusahaan?  Hal tersebut mungkin dapat anda lakukan bila posisi anda paling tidak sejajar atau lebih tinggi dari orang-orang yang memberikan saran-saran negatif tersebut. Bagaimana bila mereka adalah orang-orang yang memiliki posisi lebih tinggi dari anda?
Dimanapun posisi anda, apakah lebih tinggi atau lebih rendah dari mereka, hindari tindakan konfrontatif karena dapat membuat keadaan tidak kondusif. Yang perlu anda lakukan adalah MENGABAIKAN saran-saran negatif tersebut (perhatikan: bukan mengabaikan orang-orang tersebut)  dan terus melangkah lebih cepat dan berusaha lebih giat untuk merealisasikan rencana-rencana brilian yang anda miliki.

No comments: