Sunday, September 16, 2012

CHANGE: DELEGATION AND MENTORING




MENGAWAL PERUBAHAN LEWAT PENDELEGASIAN DAN MENTORING
 
(Bagian 3 dari 4 tulisan)

Setiap perusahaan akan dapat bertumbuh semakin besar dengan didukung oleh pertumbuhan orang-orang yang ada didalamnya

Proses pemberdayaan atau EMPOWERMENT yang terarah akan membantu meningkatkan kemampuan orang-orang dalam organisasi yang dapat berupa keterampilan-keterampilan teknis maupun organisatoris. Salah satu cara pengembangan manusia dalam organisasi adalah lewat pendelegasian

Pemberian pelatihan-pelatihan memang diperlukan untuk dapat meningkatkan  pengetahuan yang tujuannya tentu agar dari waktu ke waktu kemampuan dan produktivitas orang-orang dalam pelaksanaan pekerjaan dapat meningkat. Namun pelatihan-pelatihan harus diikuti dengan langkah berikutnya yaitu pendelegasian sehingga produktivitas perusahaan dapat ditingkatkan.

Pendelegasian membutuhkan perencanaan dan proses yang cermat. Pemilihan kandidat serta tahap-tahap persiapan maupun exposure yang perlu dilewati oleh kandidat adalah kunci dari keberhasilan melakukan pendelegasian.

Sofjan Wanandi, seorang entrepreneur terkemuka Indonesia membuat keputusan untuk mendelegasikan kepemimpinan operasional di perusahaan-perusahaan yang sudah dia bangun dan kelola selama puluhan tahun kepada anak-anaknya dan kemudian dia mengambil peran baru setelah mengawali dan mengelola yaitu mengawal.

Dalam mengawal anak-anaknya menjalankan perusahaan-perusahaan dan memikul tanggung jawab operasional, Sofjan Wanandi walaupun pada tahap-tahap awal masih memberikan arah strategis pengembangan perusahaan namun sudah tidak ikut campur dalam pembuatan keputusan maupun kebijakan operasional perusahaan-perusahaan. Sofjan Wanandi mengambil posisi sebagai seorang mentor.
 
Hal tersebut dapat terlihat dari perkembangan jenis-jenis usaha dari kelompok usaha yang dipimpin oleh anak-anaknya. Ada banyak pengusaha yang juga telah melakukan langkah-langkah serupa. Namun yang patut digarisbawahi dan dapat menjadi contoh bagi para pengusaha lain adalah bahwa Sofjan Wanandi memilih untuk mengawal dan menjadi mentor pada saat masih berusia 58 tahun pada tahun 1999.

No comments: