Sunday, July 8, 2012

SKILL


Pada hari Sabtu dan hari Minggu atau hari-hari libur ban yak orang berolahraga sepeda. Tahukah anda bahwa seorang yang memiliki keahlian mereparasi sepeda kemudian menjadi salah seorang pencipta pesawat terbang?

Wilbur Wright, salah seorang pencipta pesawat terbang, awalnya adalah seorang yang berkecimpung dalam bisnis reparasi sepeda. Puluhan tahun yang lalu, memikirkan sebuah pesawat yang bisa membawa manusia terbang adalah seperti sebuah khayalan. Bersama dengan saudaranya, Orville Wright, setelah mendapatkan ide menciptakan pesawat terbang tersebut, mereka melakukan eksperimen pertama mereka di tahun 1899 berupa layang-layang berbentuk kotak. Sejak saat itu mereka melakukan eksperimen yang tak terhitung jumlahnya hingga akhirnya tercipta cikal bakal pesawat terbang seperti yang sekarang kita gunakan.
 
Banyak orang yang memiliki potensi dalam diri mereka kemudian menyadarinya dan termotivasi menggunakan pemikiran, waktu dan tenaga mereka untuk merealisasikan potensi tersebut. Mereka kemudian belajar untuk menambah pengetahuan mereka. Namun dibutuhkan lebih dari pengetahuan dan motivasi untuk dapat berhasil - dibutuhkan keahlian-keahlian.
 
Untuk dapat memiliki keahlian akan diperlukan banyak latihan/praktek yang mungkin melelahkan dan terkadang menjemukan.

Ada sebuah kalimat dari Wilbur Wright yang sangat terkenal yaitu “It is possible to fly without motors, but not without knowledge and skills."

Apapun skill/keahlian yang sudah anda miliki, misalnya saja anda memiliki keahlian membuat kue-kue, gunakan dan tingkatkan keahlian tersebut lewat eksperimen hingga membuat kue-kue anda berbeda.
 
Tambahkan keahlian-keahlian lain seperti keahlian berkomunikasi dan menjual misalnya.

No comments: