Monday, July 30, 2012

KERJASAMA TEAM


Semalam saya hadir dlm 2 acara, yang pertama buka puasa bersama departemen legal sebuah perusahaan properti terkemuka dan yang kedua ibadah penutupan peti dari kakak seorang entrepreneur perusahaan distribusi bahan bangunan terkemuka.

Dalam acara buka puasa bersama hadir sekitar 100 orang. Teman yang mengadakan acara buka puasa menceritakan bahwa di departemen mereka setiap hari Kamis memakai seragam batik dengan bahan dan motif sama yg dikenakan oleh semua tingkat karyawan hingga direksi. Setiap hari Rabu seusai jam kerja mereka mengadakan latihan tenis dimana semua karyawan tanpa memandang tingkatan dapat ikut serta. Hal serupa sudah sejak lama dilakukan oleh sebuah jaringan supermarket bahan bangunan terbesar di Indonesia.

Dalam acara kedua dihadiri oleh ratusan orang sehingga 4 ruang yang dipergunakan tidak mampu menampung tamu yang datang melayat. Setelah acara kebaktian saya bertemu dengan banyak kenalan yang hadir serta para karyawan yang terlihat bicara dalam suasana akrab dan non formal. Bahkan CEO dari perusahaan tersebut walaupun nampak lelah tetapi jauh dari kesan formal sehari-hari dalam berbicara dengan tamu-tamu dan para karyawannya.

Bulan Ramadhan maupun beberapa hari perayaan lain atau bahkan dalam suasana dukacita dapat menjadi waktu yang tepat untuk menjalin silaturahmi yang lebih erat antara para karyawan maupun dengan mitra bisnis sehingga dapat meningkatkan kualitas kerjasama yang menciptakan sinergi.

Ada kebersamaan dan merupakan wujud nyata dalam upaya meningkatkan kerjasama team lewat hal-hal seperti seragam dan kegiatan olahraga maupun dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka CSR.

Adalah tanggung jawab kita para pemimpin untuk menciptakan team yang bekerjasama dengan baik dan hal tersebut tidak mesti menunggu saat pelatihan team building.

No comments: