Friday, February 17, 2012

WORK | LIFE BALANCE

Ternyata menuliskan sasaran-sasaran untuk diri sendiri memang belum menjadi sebuah kebiasaan bagi kebanyakan orang termasuk para profesional dan eksekutif.
Hampir semua orang-orang yang saya review kinerjanya telah mengalami banyak kemajuan dalam menyusun dan memantau sasaran-sasaran perusahaan yang menjadi tanggung jawab mereka. Namun tidak demikian halnya dengan sasaran-sasaran hidup mereka sendiri, di 5 bidang kehidupan selain karir dan finansial. Bahkan bisa dikatakan di 6 bidang kehidupan karena mereka ternyata bukan mengelola sasaran-sasaran finansial mereka sendiri melainkan hanya sasaran-sasaran finansial perusahaan yang sudah mereka ‘anggap’ seperti sasaran-sasaran dalam hidup mereka sendiri!  J
Jadi kita tidak perlu terlalu heran bila perekonomian Indonesia bisa tetap melaju karena ‘loyalitas’ tersebut. Namun mereka yang menghabiskan hampir seluruh waktu untuk mengejar kesuksesan karir dan finansial ternyata mengalami kelelahan mental dan tubuh yang dalam jangka menengah dan panjang sudah terbukti merugikan tidak saja diri mereka namun juga perusahaan-perussahan tempat mereka bekerja.
Banyak orang mengeluhkan hal tersebut dan walaupun mereka menyadari hidup mereka tidak seimbang namun terpaksa tidak dapat menghindari tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi.
Mungkin di antara pembaca ada mengalami hal yang sama. Hanya ada 1 cara efektif untuk bisa menjalankan hidup dengan lebih seimbang: tetapkan dan tuliskan sasaran2 di semua bidang kehidupan. Seperti ketika anda menuliskan S.M.A.R.T GoalsTM perusahaan, demikian pula dengan sasaran2 di 6 bidang kehidupan anda.
Bila memang pembaca belum menuliskan sasaran2 yang ingin diraih di tahun 2012 ini, sisihkan 60 menit saja dari waktu anda di akhir pekan ini untuk menuliskan sasaran-sasaran anda di 6 bidang kehidupan yang ingin anda raih di tahun ini.
Bagaimana anda bisa membuat tahun ini menjadi awal dari kehidupan seimbang melalui penetapan sasaran-sasaran di seluruh 6 bidang kehidupan?
Pertama-tama, tentu anda mesti mengetahui apa yang anda inginkan di tahun ini. Tetapkan secara spesifik hal-hal yang ingin anda raih. Ingatlah bahwa terlalu banyak sasaran dalam setahun bukan saja akan memberatkan hari-hari anda tetapi mungkin bahkan tidak mungkin bisa direalisasikan dalam waktu setahun.
Kedua, tetapkan sasaran-sasaran utama anda dan fokuskan perhatian dan tenaga anda pada sasaran-sasaran utama dan penting dalam setiap bidang kehidupan.
Langkah berikutnya, pikirkan dan susunlah rencana berisi langkah-langkah yang akan diperlukan untuk dapat merealisasikan sasaran-sasaran tersebut. Dengan menyusun langkah-langkah tersebut anda sesungguhnya telah membuat tahapan-tahapan untuk merealisasikan sasaran-sasaran tersebut. Berikanlah batas waktu realistis yang diperlukan guna menjalani tahapan-tahapan tersebut. Dengan adanya batasan waktu untuk tahapan-tahapan tersebut, anda dapat mengendalikan waktu dan sumber daya lainnya dengan lebih efisien.
Setelah sasaran-sasaran tersebut anda tuliskan, periksa kembali semuanya dan pikirkan apakah memang hal-hal tersebut yang merupakan bagian dari impian-impian yang ingin anda raih? Pergunakanlah rasio dan kata hati anda. Ingatlah bahwa anda tidak perlu merasa ragu-ragu untuk memutuskan dalam tahapan ini mengenai sasaran-sasaran yang mungkin setelah anda pikirkan kembali terasa tidak pas dengan keseluruhan sasaran-sasaran lainnya. Inilah sebuah proses yang memang seharusnya anda lewati dalam menentukan hal-hal yang sesuai dengan kehidupan yang ingin anda jalani. Melalui proses inilah akan terjadi pemahaman yang baik tentang diri anda sendiri. Kesuksesan dalam meraih sasaran-sasaran memerlukan kesadaran akan kemampuan diri anda untuk melewati tahapan-tahapan yang diperlukan.
Bila anda sudah menetapkan sasaran-sasaran dan menyusun rencana-rencana dalam tahapan-tahapan yang diperlukan beserta tenggat waktu yang diperlukan namun dalam kenyataannya mengalami hambatan dan bahkan mendapati kekeliruan yang baru disadari setelah rencana dijalankan, ingatlah bahwa anda yang menetapkan sasaran-sasaran tersebut untuk mendapatkan kehidupan yang anda inginkan dan bukan sasaran-sasaran tersebut yang menentukan kehidupan anda. Segeralah melakukan penyesuaian-penyesuaian atau bahkan perubahan-perubahan yang diperlukan dengan tetap mengikuti proses penyusunan S.M.A.R.T GoalsTM.



S.M.A.R.T. GoalsTM is a registered trademark in the US held by The Meyer Resource Group(R), Inc.
Permission to use S.M.A.R.T. GoalsTM is obtained from: Copyright (C) The Meyer Resource Group(R), Inc.

No comments: