Monday, January 2, 2012

SETETES DARAH UNTUK KEHIDUPAN


Sebagai informasi, jumlah persediaan darah di PMI hanya sekitar 60 persen dari jumlah idealnya. Ada banyak nyawa yang tidak tertolong karena jumlah darah yang tersedia belum bisa memenuhi kebutuhan.
Donor darah merupakan aksi kemanusiaan yang mulia karena dapat menyelamatkan hidup orang-orang yang membutuhkan. Selain bermanfaat untuk sesama, mendonorkan darah secara rutin 3 bulan sekali dapat lebih menyehatkan tubuh kita.
Ada anggapan bahwa mendonorkan darah akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk padahal sesungguhnya tidak ada korelasi antara donor darah dengan kegemukan. Meskipun donor darah dilakukan rutin, tidak akan mengubah metabolisme dan jam biologis tubuh.
Dengan mendonorkan darah, ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan tubuh antara lain menjaga kesehatan jantung dan menstimulasi regenerasi sel darah baru selain juga kadar zat besi yang cukup tinggi dalam darah bisa menimbulkan oksidasi kolesterol yang akan menumpuk pada dinding arteri yang akan membuat seseorang menjadi rentan terhadap penyakit jantung. Saat seseorang teratur mendonorkan darah, jumlah zat besi dalam darah bisa menjadi lebih stabil. Donor darah juga bisa merangsang produksi sel darah baru karena saat jumlah darah dalam tubuh berkurang, tubuh akan segera memproduksi sel darah merah baru.
Bila anda berusia antara 17 tahun hingga 60 tahun dan bertubuh sehat serta berat badan minimal 45kg, jadilah pendonor darah. Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, kami mengajak Anda untuk berpartisipasi dalam aksi donor darah dengan meluangkan waktu hanya sekitar 10 menit untuk mendonorkan darah selain untuk kesehatan, Anda telah berperan dalam menyelamatkan nyawa orang lain saat mereka membutuhkan.
Inilah momen yang tepat untuk Anda berbagi melalui kesediaan Anda dalam mendonorkan darah.
Pe

No comments: