Friday, May 12, 2017

AKUNTABILITAS


Setiap manajer atau supervisor harus memahami bahwa dirinya bertanggung-jawab atas kualitas hasil kerja, ketepatan waktu pelaksanaan, dan produktivitas dari dirinya sendiri serta orang-orang yang berada di bawah pengawasannya.

Selain itu setiap manajer atau supervisor juga bertanggungjawab atas pengendalian biaya-biaya operasional dan pelaksanaan mitigasi dari berbagai faktor yang telah dan mungkin akan dapat merugikan perusahaan, serta memastikan bahwa kegiatan operasional perusahaan dikelola dengan penuh integritas  dan mematuhi peraturan perundangan yang berlaku.

Memastikan bahwa setiap orang yang berada di bawah pengawasannya memiliki kompetensi memadai yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas-tugas juga merupakan tanggung jawab seorang manajer atau supervisor.

Seorang manajer atau supervisor juga bertanggungjawab atas terlaksananya berbagai kegiatan untuk dapat merealisasikan berbagai sasaran perusahaan dengan memperhatikan berbagai standar etika dan nilai-nilai yang dianut perusahaan.

Atas berbagai kegiatan untuk dapat merealisasikan sasaran-sasaran perusahaan, adalah akuntabilitas seorang manajer untuk mengetahui dan mampu menjelaskan berbagai penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan tugas-tugas yang dilakukannya sendiri maupun oleh para anggota timnya sehingga sasaran-sasaran perusahaan tidak terealisasikan.

Jadi apa yang dimaksud dengan akuntabilitas dan apa perbedaannya dengan tanggung-jawab?

Kata akuntabilitas sering kurang dipahami dengan benar dan disama-artikan dengan tanggung-jawab, padahal keduanya memiliki perbedaan mendasar yaitu bahwa tanggung jawab bisa dipikul secara kolegial kolektif atau bisa juga bertingkat melalui pendelegasian tugas-tugas kepada bawahan sedangkan akuntabilitas adalah bersifat melekat pada diri seorang manajer atau supervisor dan oleh karenanya tidak dapat dibebankan kepada orang lain dalam hal tidak terlaksananya satu atau beberapa tugas dengan baik atau bahkan tidak terlaksana sama sekali.


Akuntabilitas adalah kewajiban seorang manajer atau supervisor untuk secara pribadi menjelaskan semua tanggung jawab yang menjadi bebannya namun yang bisa dikarenakan oleh satu atau lain hal tidak terlaksana dengan seharusnya atau bahkan tidak terlaksana sama sekali. 

No comments: