Saturday, February 15, 2014

SALING KETERGANTUNGAN



               


Berikan Dukungan Kepada Atasan

Pastikan bahwa semua upaya
tim kerja anda sudah sejalan dengan tujuan2 dan sasaran2 yang ingin diraih oleh manajemen.  Ketahui dan pahami  hal2 yang dijadikan prioritas  oleh manajemen dan anda perlu menyesuaikan prioritas2 anda.

Sama halnya seperti
anda membutuhkan dukungan dari para anggota tim kerja anda, demikian pula atasan anda membutuhkan dukungan dari anda.  Anda memiliki informasi yang lebih rinci dan akurat dibandingkan dengan atasan anda, oleh karena itu anda harus memiliki keberanian untuk dapat mengungkapkan informasi tersebut kepada mereka dan untuk memberikan pendapat anda tentang informasi tersebut.

Berusahalah untuk dapat
memaklumi kesalahan2 yang dilakukan oleh para pimpinan, atau mungkin saja ada hal2 yang menurut pandangan anda nampak seperti pengelolaan yang kurang semestinya.

Apa yang anda anggap sebagai kesalahan mungkin justeru adalah langkah yang tepat, atau setidaknya adalah langkah terbaik untuk dapat mengatasi situasi yang dihadapi pada saat itu.

Perlu pula dipahami bahwa para pimpinan akan dapat melihat hal2 dari perspektif yang berbeda, dan mereka juga memiliki akses ke informasi penting yang belum tentu atau bahkan tidak anda miliki.  Ini bukan sebuah argumen untuk memaksakan loyalitas anda, akan tetapi lebih pada mengharapkan anda untuk tidak bersikap apriori terhadap hal2 yang digariskan oleh para pimpinan.

Aspek penting lain dari menjadi bawahan yang baik adalah memiliki keberanian untuk melaporkan masalah2 yang ada kepada para pimpinan. Miliki kebesaran hati untuk meminta bantuan.  Anda bisa menjadi karyawan yang lebih baik jika anda tidak terlalu percaya diri dan selalu berusaha mengatasi sendiri masalah2 yang anda hadapi, atau terlalu takut untuk memberitahukan atasan anda bahwa anda mengalami kesulitan.  Janganlah memberikan informasi tentang keadaan sulit yang dihadapi perusahaan kepada para pimpinan dengan  versi yang telah disaring dan disterilkan yang anda anggap "aman," "dapat diterima," atau "yang ingin didengar oleh para pimpinan." Laporkan fakta2 yang sebenarnya, seluruh fakta2 yang ada, dan bukannya  dengan menutup-nutupi masalah2 yang berkembang atau bahkan untuk menyembunyikan kekurangan2 anda. Beranikan diri anda untuk mengatakan bahwa anda membutuhkan bantuan.

No comments: