Sunday, January 19, 2014

KELOLA PERUBAHAN




Jangan Biarkan Perubahan Yang Mengatur Anda


Perubahan dapat dipastikan menimbulkan tekanan2 sehingga produktivitas-pun akan tertekan dari segala arah. Orang2 mungkin akan menjadi lebih mudah marah, bingung, atau semangat mereka menjadi kendor atau bahkan jatuh, namun demikian anda akan dituntut untuk tetap memberikan hasil dan bahkan anda masih harus dapat menjaga tingkat keuntungan. Segala sesuatunya berubah namun demikian anda tetap diharapkan untuk dapat melakukan lebih banyak hal, kemungkinan dengan sumber daya yang lebih sedikit dan dalam waktu yang lebih singkat. Apakah hal ini adalah sesuatu yang adil atau wajar? Tidak dapat dipungkiri atau dihindari karena keadaaan seperti itulah yang akan anda hadapi ketika terjadi perubahan2.

Jika anda mencoba untuk mengelola perubahan atau gejolak yang terjadi dengan cara2 yang sama seperti ketika anda berada dalam rutinitas yang stabil, kemungkinan besar anda akan menghadapi masalah2 besar. Saat terjadi perubahan2 diperlukan sikap yang berbeda dan gaya manajemen yang mempertahankan status quo akan sulit berhasil. Ketika terjadi perubahan2 adalah saat yang tepat untuk menyesuaikan diri anda.

Saat2 seperti ini bisa sangat mengganggu pikiran anda sebagai pimpinan dan beberapa dari tantangan2 berat yang harus anda atasi diantaranya adalah mempertahankan keberadaan orang2 berkualitas, menjaga agar semangat kerja tidak menjadi kendor, dan yang terpenting adalah bahwa unit kerja yang anda pimpin tetap dapat memberikan hasil sesuai dengan target yang telah disepakati dengan tingkat manajemen yang lebih tinggi.

Penting untuk diperhatikan bahwa perubahan seringkali kurang dikelola dengan seharusnya karena orang2 mulai dari tingkat paling atas hingga bawah dalam keseluruhan rantai komando sering kali bersikap terlalu resisten, terlalu reaktif, dan terlalu terikat erat pada kebiasaan2 lama mereka dalam mengelola perusahaan. Sesungguhnya dalam masa2 sulit, anda memiliki kesempatan lebih besar untuk benar2 lebih berkembang, untuk menghasilkan kinerja tinggi, dan kesulitan2 merupakan suatu kesempatan untuk pembuktian diri dengan melakukan hal2 yang luar biasa.

Gunakan kesempatan ketika terjadi perubahan untuk dapat menjadi seseorang yang lebih berarti bagi perusahaan.

No comments: