Friday, December 27, 2013

TERUS BERUSAHA MENJADI LEBIH BAIK





Dalam sebuah acara makan siang bersama karyawan di sebuah perusahaan pada hari ini, penulis bertemu kembali dengan seorang teman yang sudah belasan tahun tidak pernah berjumpa dan dalam kesempatan tadi beliau diminta oleh pimpinan perusahaan tersebut untuk membawakan sebuah renungan singkat yang intinya adalah tentang melupakan apa yang telah di belakang, untuk terus menerus mengarahkan diri pada apa yang ada di depan serta berusaha untuk meraih tujuan-tujuan.

Penulis teringat pada pendiri SAMSUNG yaitu Lee Kun-Hee yang berusia 71 tahun ketika beliau menyampaikan pesan yang singkat dan jelas kepada seluruh karyawan yaitu: “Kalian mesti bekerja lebih baik lagi.

SAMSUNG menduduki peringkat nomor 8 merek paling bernilai di dunia  dan pada tahun 2012 lalu SAMSUNG menjual 215 juta smartphone. Jumlah tersebut diperkirakan merupakan sekitar 40% dari total penjualan smartphone di dunia dan tahun 2013 ini diperkirakan akan meningkat sehingga akan mencapai 350 juta smartphone.


Hampir semua orang yang membaca artikel ini pasti pernah mendengar nama-nama Microsoft, Google, Facebook dan Amazon karena empat perusahaan tersebut adalah perusahaan-perusahaan terkemuka dengan skala dunia. Namun jarang yang pernah berpikir bahwa SAMSUNG adalah sebuah perusahaan yang penjualan setahunnya pada tahun 2012 lalu hampir melampaui penjumlahan penjualan setahun dari keempat perusahaan tersebut.

Dengan jumlah 470 ribu karyawan dan penjualan tahun 2012 mencapai 288 milyar dollar Amerika, SAMSUNG termasuk dalam perusahaan-perusahaan yang memiliki profitabilitas tertinggi


Melalui surat elektronik yang dikirimkan kepada seluruh karyawan SAMSUNG, Lee Kun-Hee menegaskan bahwa Untuk lebih maju, kita harus menjauhkan diri dari rasa puas diri dan dari pikiran-pikiran bahwa kita sudah cukup baik, karena hal-hal itu akan dapat menghambat langkah kita untuk menjadi lebih baik. Manajemen SAMSUNG harus memulai awal baru untuk meraih sasaran-sasaran yang lebih tinggi dan menjadi yang terbaik.

No comments: