Monday, April 15, 2013

K O M P A K




Bukan suatu hal yang baru dan memang sudah sering sekali dibicarakan dan dibahas mengenai pentingnya kerjasama antar departemen atau divisi atau bahkan dalam skala kelompok unit kerja, untuk dapat menghasilkan produktivitas dan kinerja yang tinggi. Dalam sebuah tim sepakbola misalnya, boleh saja bertaburan bintang-bintang lapangan namun tanpa kekompakan maka tim tersebut akan bisa dikalahkan oleh sebuah tim yang memiliki kerjasama tim yang kompak dalam membangun serangan ke jantung pertahanan lawan maupun dalam memperrtahankan lini belakang mereka ketika ada serangan dari pihak lawan.

Kemampuan tinggi dari segi teknis dan non teknis dari setiap individu memang akan dapat memberikan kontribusi positif pada kinerja kelompok. Tetapi dari hasil survei yang dilakukan pada banyak perusahaan, kinerja baik dalam segi kualitas maupun kuantitas dari sebuah kelompok kerja yang memiliki para anggota yang memiliki komitmen secara individual dan kompak sebagai kelompok dalam melaksanakan tugas- tugas yang menjadi tanggung jawab mereka walaupun dengan  anggota-anggota dengan kemampuan teknis dan non teknis individual pada tingkat standar ternyata lebih tinggi hingga menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dan lebih konsisten dari waktu ke waktu

Ada korelasi positif antara kinerja kelompok dengan kekompakan para anggota dalam kelompok. Kekompakan yang terbina antar departemen atau divisi serta antar tingkatan dalam struktur organisasi perusahaan dapat dipastikan memberikan dampak positif pada kinerja perusahaan.
 
Faktor kepemimpinan memang merupakan salah satu prasyarat utama untuk dapat terciptanya kekompakan dalam sebuah kelompok. Namun demikian ada beberapa faktor lain yang diperlukan untuk dapat mengembangkan kerjasama dan kekompakan dalam kelompok selain pengaturan serta pengawasan pelaksanaan tugas untuk dapat merealisasikan sasaran-sasaran.

Anda dapat melakukan sebuah evaluasi untuk mendapatkan gambaran tentang tingkat kekompakan inter dan intra kelompok-kelompok kerja dalam perusahaan anda dengan memberikan skala 1 sampai 8, dimana angka 1 berarti hampir tidak mirip sama sekali sedangkan angka 8 menunjukkan keadaan dalam perusahaan sangat mirip. pada masing-masing pernyataan dalam daftar berikut ini :


  1. Para pimpinan kelompok kerja mengatur tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab dari masing-masing anggota kelompok dan secara jelas mengkomunikasikan sasaran-sasaran serta ekspektasi-ekspektasi perusahaan namun tetap memperhatikan kepentingan dan masukan-masukan dari para anggota kelompok.
  2. Semua anggota kelompok memahami pentingnya tugas-tugas dan kinerja individual terhadap kinerja kelompok dan juga mengetahui bagaimana pengaruh kinerja mereka sebagai sebuah kelompok terhadap sasaran-sasaran dan strategi perusahaan secara keseluruhan.
  3. Seluruh anggota dengan patuh mengikuti arahan-arahan yang diberikan oleh pimpinan kelompok mereka.
  4. Semangat kerjasama dan perilaku saling membantu antar anggota di dalam dan antara kelompok kerja sangat terlihat dalam perusahaan.
  5. Permasalahan-permasalahan yang terkadang muncul segera dengan sikap proaktif ditangani oleh para anggota kelompok.
  6. Lebih dari separuh anggota dari setiap kelompok secara konsisten memiliki kinerja yang melampaui sasaran-sasaran yang ditetapkan.
  7. Para anggota kelompok secara berkala mendapatkan pelatihan keterampilan baru untuk bidang-bidang tugas yang sedang dikerjakan maupun pelatihan dengan tujuan agar para anggota kelompok akan dapat menerima tugas-tugas baru sebagai bentuk pengembangan karir mereka.
  8. Gagasan-gagasan dan usulan-usulan kreatif banyak disampaikan oleh para anggota kelompok dan perusahaan memiliki sistem untuk secara berkala memproses gagasan atau ide kreatif yang telah diajukan guna peningkatan kinerja perusahaan.
  9. Para pelanggan baik eksternal maupun internal puas atas pelayanan yang mereka dapatkan.
  10. Perusahaan memiliki daya tarik untuk bisa mendapatkan karyawan-karyawan berkualitas dan kemudian mengembangkan serta mempertahankan mereka.


Jumlahkan seluruh angka penilaian anda dari setiap  pernyataan tersebut.  55 adalah nilai rata-rata yang memberikan kepada anda ruang untuk dapat lebih membina kekompakan kelompok-kelompok kerja yang ada dalam perusahaan anda,  Apabila total nilai yang anda dapatkan ternyata di bawah 55, perusahaan anda mesti melakukan analisa lebih mendalam dan teliti dengan menelaah atmosfir dan kondisi kerja, sistem serta kualitas orang-orang yang telah ada maupun pola rekrutmen yang dilakukan agar bisa diambil langkah-langkah untuk meningkatkan kekompakan.

No comments: