Friday, January 11, 2013

THE NEXT BIG THING





Sudah adakah dalam rencana anda di tahun 2013 ini untuk mulai melakukan hal-hal yang tidak biasa-biasa saja?



Anda bisa saja terus mengerjakan hal-hal yang biasa sudah anda lakukan bertahun-tahun atau anda akan mencoba melakukan sesuatu yang berbeda  yang akan bermanfaat bukan saja untuk diri anda sendiri tetapi juga untuk keluarga dan orang-orang lain.





Setelah 10 / 20 / 30 tahun lulus dari sekolah, kenangan masa lalu adalah pembicaraan yang selalu ada saat berkumpul dengan teman-teman dan setiap kali ada pertemuan dengan teman-teman selalu pembicaraan paling menarik adalah tentang momen-momen berkesan yang dialami bersama



Bagi anda yang sudah berkeluarga dan memiliki putera-puteri bisa mulai mengajak mereka membuat rencana-rencana bersama bukan hanya terbatas pada rencana pendidikan untuk mereka pilih atau liburan bersama tetapi ada banyak hal-hal lain yang bisa anda rencanakan dan lakukan bersama dengan mereka.



Seringkali para orang tua berusaha untuk mengajarkan anak-anak mereka tentang  apa yang mereka pikir adalah terbaik – namun apa yang anda pikirkan sebagai terbaik belum tentu terbaik untuk mereka. Anak-anak anda bukanlah anda, dan sadarilah bahwa mereka hidup dalam masa-masa yang berbeda dengan ketika anda masih seumur mereka.



Seperti halnya tentang hubungan persahabatan anda dengan teman-teman sekolah, hal terbaik yang dapat kita berikan kepada anak-anak kita selain pengajaran tentang kebiasaan-kebiasaan baik adalah kenangan-kenangan yang mengesankan bersama anda yang akan mereka bawa sepanjang hidup mereka.



THE NEXT BIG THING yang ingin anda lakukan tentu saja bisa berupa hal-hal dalam bisnis, karir dan/atau kegiatan sosial tetapi anda juga perlu mulai dengan hal-hal yang nampaknya sederhana namun akan sangat berarti buat anak-anak anda dan tentu saja juga buat anda saat ini dan bertahun-tahun kemudian ketika anda menceritakan masa lalu kepada mereka dan memang pertistiwa-peristiwa yang menurut anda berkesan juga merupakan momen-momen yang berkesan buat anak-anak anda.


2 comments:

Fransisca S said...

The Next Big Thing memang sepertinya menjadi suatu hal yang ditunggu2 setiap menjelang akhir tahun dan akhirnya menjadi sebuah resolusi di akhir tahun untuk melakukan hal2 yang ingin dicapai di tahun berikutnya. Dan seperti yang telah bapak uraikan di awal tulisan ini: Sudah adakah dalam rencana anda di tahun 2013 ini untuk mulai melakukan hal-hal yang tidak biasa-biasa saja?

Dan seperti juga setiap akhir tahun, beberapa dari kita mereview apa saja kemajuan yang sudah kita lakukan di tahun ini, dan membuat rencana baru, menyusun strategi untuk melakukan baik hal2 yang tidak biasa2 saja, atau melanjutkan apa yang masih belum di capai pada tahun ini.

Namun kebanyakan bahwa tekad, semangat di awal tahun untuk melakukan hal - hal yang luar biasa ini hanya bertahan hanya dalam waktu tertentu ( 2 minggu? 1 bulan?...) hehehe... harus saya akui... beberapa dari resolusi yang pernah saya buat pun akhirnya melempem lagi bahkan saat bulan pertama (January) baru berlangsung beberapa minggu. Setelah 'melempem' beberapa hari dan setelah timbul lagi 'kesadaran' untuk 'memantul' lagi, barulah mereview lagi, memotivasi diri lagi agar kembali lagi ke jalan yang 'benar'.

Nah, berdasarkan pengalaman kecil yang selalu saya alami setiap tahunnya, saya akhirnya kembali bertanya pada diri sendiri: apabila saya membuat suatu resolusi atau keinginan atau target, bahkan dengan cara yang tidak biasa sekalipun... apa dasar pertimbangannya? Mengapa terkadang kita begitu gampang mengabaikan resolusi2 yang sudah kita buat, dan menggantinya dengan resolusi lainnya? Bayangkanlah, berapa banyak waktu, tenaga dan pikiran yang kita buang apabila kurang tepat dan bijaksana dalam membuat resolusi?

Jadi kali ini, saat membuat resolusi, saya mulai membuat dasar pertimbangan yang cukup KUAT? yaitu hal-hal yang memang saya senangi (hal2 yang memang passion saya) Sehingga pada saat saya ingin mencapai resolusi tersebut maka apa yang saya lakukan (action) adalah berdasarkan pada passion /gairah yang besar.

Fransisca S
Action With Passion

Follow-HS said...

Benar sekali yang ibu Fransisca katakan sebab Resolusi tanpa Aksi sama dengan ilusi.

Semangat atau daya juang dan daya tahan adalah 3 dari beberapa hal lain yang dibutuhkan ketika kita melakukan aksi untuk mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan.