Sunday, October 7, 2012

KEBAHAGIAAN




Pada sesi pelatihan Lions Clubs kemarin, saya dan seorang rekan diminta membawakan topik mengenai kebahagiaan sebagai selingan dan ketika dimintakan pendapatnya para peserta memberikan beragam jawaban tentang apa yang mereka artikan sebagai kebahagiaan.

Semua orang tentu ingin mendapatkan kebahagiaan akan tetapi dalam kenyataannya semakin hari semakin sulit bagi banyak orang untuk mendapatkan kebahagiaan sehingga PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) merasa perlu melakukan penelitian di beberapa negara dan menerbitkan sebuah laporan (World Happiness Report) setebal 170 halaman mengenai kebahagiaan!

“We live in an age of stark contradictions, the world enjoys technologies of unimaginable sophistication; yet has at least one billion people without enough to eat each day.” ” (April 2012, United Nations)

Apa sebenarnya yang membuat kita bahagia?

  • Apakah status kita dalam masyarakat?
  • Apakah jabatan dalam pekerjaan kita?
  • Apakah keluarga kita?


Kebahagiaan adalah sesuatu yang abstrak dan ukuran kebahagiaan akan berbeda-beda untuk setiap orang namun semua orang dapat merasakan atau tidak merasakannya. Dari hasil penelitian ternyata bahwa teman-teman dan lingkungan yang mendukung serta adanya kasih sayang dalam kehidupan memberikan kebahagiaan karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial.

Memiliki keluarga yang harmonis, hubungan persahabatan dan relasi dengan orang-orang dalam lingkup sosial yang lebih luas yang memiliki kesamaan pandangan hidup adalah jawaban yang paling banyak diberikan dalam berbagai penelitian yang dilakukan tentang arti kebahagiaan.

Kunci untuk memiliki kebahagiaan sesungguhnya ada pada  pengendalian perasaan kita sendiri karena ukuran kebahagiaan ada pada perasaan dan/atau pola pikir serta ekspektasi kita.

Kita perlu menyadari bahwa kita tidak dapat menguasai dan mengendalikan segala hal apalagi berusaha mengendalikan setiap orang yang ada dalam hidup kita. Mencoba melakukan hal tersebut dapat berakibat orang lain tidak bahagia dan tentunya kita tidak ingin berbahagia namun berakibat penderitaan orang lain.

Anda dapat mencoba 5 langkah berikut untuk dapat meningkatkan kebahagiaan:

  • Pikirkan hal-hal positif yang dapat kita lakukan untuk diri kita dan untuk orang-orang lain. Menyediakan waktu untuk berbagi pengalaman atau bertukar pikiran atau melakukan kegiatan sosial masyarakat adalah salah satu hal positif yang bisa kita pikirkan, rencanakan dan lakukan
  • Miliki keinginan dan harapan lalu lakukan visualisasi situasi bahagia dan menyenangkan misalnya dengan mencapai kehidupan karir yang sukses. Namun perlu diingat adalah bahwa kita kemungkinan juga akan mengalami keadaan-keadaan yang tidak membahagiakan. Kesadaran akan adanya saat-saat yang tidak membahagiakan justeru akan membuat diri kita lebih tenang melewati saat-saat tersebut. Kita tetap bisa  berusaha mendapatkan kesempatan-kesempatan bahkan dalam setiap situasi yang kurang menguntungkan. Apabila memang tidak ada yang dapat kita usahakan untuk menghindari atau mengurangi situasi yang tidak menyenangkan tersebut, tetap hadapi dengan sikap positif.
  • Ungkapkan rasa sedih selama hal tersebut tidak berlarut-larut karena kesedihan seperti juga kebahagiaan adalah wajar dan manusiawi. Mengharapkan untuk dapat bahagia setiap saat akan memberikan tekanan yang justeru dapat menghalangi tercapainya kebahagiaan.
  • Berhenti mengeluhkan keadaan, baik tentang diri sendiri maupun orang-orang lain atau situasi yang dihadapi karena keluh kesah bisa memperdalam rasa tidak puas dan bahkan menimbulkan pemikiran negatif atau bisa mengurangi semangat yang pada akhirnya membuat diri kita apatis. Hilangkan pemikiran yang dimulai dengan frase “kalau saja” atau jika ... maka...” karena tanpa kita sadari hal tersebut adalah bentuk keluhan dalam pikiran kita.
  • Buat dan tuliskan sasaran-sasaran yang ingin kita raih dalam seluruh 6 aspek kehidupan kita. Lengkapi dengan menyusun rencana-rencana untuk dapat merealisasikan sasaran-sasaran tersebut dan mulailah segera melakukan langkah-langkah yang direncanakan.


Bagi anda yang sering mengeluhkan berbagai hal, sebagai awal dapat menetapkan sebuah sasaran “TIDAK ADA KELUHAN SEMINGGU KEDEPAN.” Tuliskan di kertas seukuran kartu nama dan bawa serta kartu tersebut kemanapun anda pergi. Anda mungkin saja masih secara refleks melontarkan keluhan ketika menghadapi keadaan yang kurang menyenangkan. Pada kartu tersebut berikan tanda 1 titik untuk setiap keluhan yang masih anda keluarkan. Buat pula 1 kartu lagi dan tuliskan sebagai sasaran “BERIKAN PUJIAN YANG TULUS.” dan berikan tanda 1 titik setiap kali anda memberikan pujian yang tulus kepada orang lain.

Ada banyak hal di luar diri kita yang dapat membuat kita merasa tidak bahagia dan sangat mudah membiarkan diri kita untuk terpengaruh pada keadaan-keadaan tersebut, namun selalu ingat bahwa kebahagiaan ada dalam kendali kita.

No comments: