Friday, September 7, 2012

CITRA DIRI POSITIF


Sukses dimulai dengan citra diri yang positif dan seseorang yang memiliki citra diri yang negatif akhirnya akan mengalami kegagalan.

 
Jika kita merasa terlalu tinggi atau sebaliknya kurang tinggi, atau memang memiliki kelebihan berat badan, atau merasa tidak bisa tampil menarik, akan menyebabkan kita merasa kurang percaya diri dan orang-orang akan dapat merasakan hal tersebut. Atau sebaliknya mungkin kita bisa saja memiliki citra yang terlalu positif tentang diri kita. Kita mungkin berpikir bahwa kita sudah hebat tanpa menyadari memiliki citra diri yang negatif karena beberapa hal, namun semua orang lain yang kita temui akan melihatnya dan akan memberikan penilaian mereka atas diri kita.



Sebuah citra diri yang positif akan memberikan kita peluang lebih besar untuk mencapai kesuksesan. Citra diri positif yang dibarengi kemampuan diri adalah sangat penting, dan kita dapat memilikinya.


Untuk dapat memiliki citra diri yang positif, langkah pertama yang mesti kita lakukan adalah memutuskan untuk selalu melihat sisi positif dari segala hal.







Langkah berikutnya untuk mengetahui bagaimana orang lain menilai diri kita, kita dapat melakukan analisa diri sendiri dan/atau meminta bantuan mereka yang memiliki hubungan paling dekat dengan kita untuk memberikan penilaian. Kita dapat menggunakan beberapa foto atau rekaman video di berbagai acara yang kita hadiri dimana kita merasa memiliki penampilan terbaik. Pelajari secara seksama tentang apa yang kita dan/atau orang-orang lain lihat tentang hal-hal yang kita sukai, atau hal-hal yang tidak kita sukai?

Namun kita jangan berhenti sampai langkah tersebut karena citra diri bukan hanya melulu tentang penampilan fisik kita dan/atau kepemilikan kita. Banyak dari kita yang menampilkan citra-diri, yang seringkali secara sengaja, yang bukan benar-benar merupakan refleksi kemampuan dan kualitas diri kita yang sesungguhnya.

Perhatikan juga tentang bagaimana sikap kita ketika bertemu dan berbicara lisan dengan orang-orang lain, dan bagaimana perilaku kita di tengah komunitas dan masyarakat kita. Mengenai ketulusan hati, antusiasme, pengetahuan dan yang terutama adalah mengenai integritas kita.
 

Pemahaman yang baik atas diri kita sendiri dan dengan memancarkan citra diri positif yang memang sesuai dengan apa yang ada dalam diri kita akan meningkatkan kesempatan dan kecepatan dalam mencapai tujuan-tujuan dalam semua aspek kehidupan.

No comments: