Wednesday, July 18, 2012

PERENCANAAN


Teman baik saya sejak SMP selalu membuat catatan rencana aktivitas dan hal-hal lain dalam buku agendanya. Bertahun yang lalu saya berikan dia sebuah agenda mungil  dan selama beberapa tahun saya perhatikan dia masih mempergunakannya. Teman saya yang punya kesibukan sangat beragam dalam bisnis dan kehidupan pribadinya tersebut memang sangat pandai membagi waktunya dan semua itu saya lihat adalah karena perencanaan yang dia lakukan.


Pada tahun 1990 saya masih bekerja di sebuah perusahaan yang mulai memasarkan sebagian hasil produksinya ke Amerika Serikat. Cara kerja Mitra bisnis perusahaan tempat saya bekerja tersebut menyadarkan saya bahwa bahkan untuk jadwal kunjungan ke Indonesia sudah mereka berikan untuk waktu 3 bulan hingga 1 tahun ke depan, hingga ke detail jadwal penerbangan, pemesanan kamar hotel, kunjungan ke beberapa perusahaan lain. Mereka selalu mengunjungi beberapa negara di Asia sekaligus dan jadwal-jadwal tersebut selalu mereka tepati!!

Perencanaan jadwal kunjungan perjalanan tersebut mereka buat jauh hari sebelumnya membuat biaya perjalanan pesawat dan akomodasi serta biaya-biaya lain yang mesti dikeluarkan menjadi berkurang secara signifikan. Efisiensi dalam artian sesungguhnya hanya melalui perencanaan yang baik.

Kita semua sering mengatakan bahwa time is money namun dalam kenyataannya seringkali tidak bertindak sesuai dengan prinsip tersebut. Kita bahkan seringkali dengan mudahnya membatalkan janji pertemuan kita di saat-saat terakhir.

Mulailah program efisiensi di perusahaan anda dan juga dalam kehidupan anda lewat perencanaan yang baik.

No comments: