Tuesday, May 17, 2011

DE-TERMINASI


Terlahir dari keluarga kaya yang merupakan salah satu dari 3-L yaitu Lahir, Lingkungan dan Latihan yang sering disebut sebagai modal awal menjadi pengusaha, pembicara dalam acara SMI Power Dinner yang adalah seorang pengusaha muda sukses menceritakan bahwa dia memiliki kesempatan menjadi brengsek pada masa-masa sekolah dulu. Rasa tanggung jawab sebagai anak lelaki tunggal dalam keluarga dan determinasi untuk tidak mau menerima perlakuan kurang adil yang tidak seharusnya dialami oleh dia dan keluarganya telah membawanya pada proses pembentukan dirinya.

Seseorang yang memiliki determinasi selalu berusaha dengan sungguh-sungguh dalam keadaan apapun untuk mencapai sasaran-sasaran yang ingin dicapainya. Pada kenyataannya hampir seluruh kisah orang-orang sukses diwarnai jatuh bangun berulang kali dalam perjalanan menuju kesuksesan - bahkan yang nampaknya mustahil untuk bangkit kembali ternyata dengan determinasi menjadi jauh lebih sukses dari sebelumnya.

Penulis sedikit mengubah kata tersebut menjadi de-terminasi yang berarti kebalikan dari terminasi dimana kita tidak pernah berhenti dan selalu bangkit dari kegagalan. Selalu ingat bahwa failure is never final unless you quit - kegagalan tidak pernah menghentikan kita kecuali bila kita berhenti berusaha. Bangkit kembali setelah kegagalan dan ambil pelajaran darinya serta miliki sikap de-terminasi.

No comments: