Tugas
utama anda sebagai seorang manajer adalah untuk mendapatkan hasil2 melalui pengarahan aktivitas2 orang2 lain, maka saran2 perbaikan dalam berbagai ketrampilan manajemen yang diperlukan akan diarahkan pada berbagai interaksi
antara anda sebagai seorang manajer dengan orang2 di bawah tanggung
jawab anda dan pengaruh dari berbagai ketrampilan manajemen tersebut terhadap
keberhasilan perusahaan.
Ketika
anda sebagai seorang manajer berinteraksi
dengan orang2 yang anda kelola dalam perusahaan, setidaknya ada
3 hal penting sebagai berikut:
1. Sebagai seorang
pemimpin
Seorang
pemimpin
harus berada di garis depan ketika mempersiapkan
langkah2. Anda harus secara
jelas memahami
sasaran2 perusahaan
dan mengetahui langkah2 yang mesti dilakukan untuk mencapai berbagai sasaran tersebut.
Dalam
ruang lingkup tujuan dan sasaran2 perusahaan inilah anda memiliki
kesempatan sekaligus tanggung jawab dalam memberikan
arahan bagi tindakan2 yang akan dilakukan oleh semua orang yang
anda pimpin.
Sebagai
pemimpin, anda menentukan arah
pada perusahaan. Anda menetapkan arah
yang mesti dituju oleh semua orang dan membantu mereka memilih jalur
terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.
Sebagai
pemimpin, anda mesti melakukan evaluasi, koreksi, dan memberikan semangat
untuk mengatasi berbagai rintangan yang mungkin menghadang.
Kepemimpinan adalah lebih dari sekedar
memberikan perintah2 dan arahan2 serta untuk kemudian menuntut
kepatuhan penuh.
Kepemimpinan
mencakup kemampuan
mendapatkan komitmen dari mereka yang
anda pimpin sehingga seperti anda mereka memahami peranan mereka dalam
pencapaian tujuan perusahaan secara keseluruhan dan memiliki komitmen untuk keberhasilan perusahaan.
Kepemimpinan
juga mencakup kemahiran dalam berkomunikasi, melakukan persuasi,
dan menginspirasi orang2 untuk bertindak.
2. Sebagai pembangun
kerjasama tim
Walaupun
semua orang dalam suatu perusahaan sudah
bekerja keras, loyal pada perusahaan
dan yakin pada tujuan perusahaan,
namun ada kalanya perusahaan tersebut tetap tidak berhasil mencapai sasaran2nya.
Masalahnya lebih sering disebabkan orang2 yang ada di dalamnya tidak bekerja
selayaknya sebuah team. Mereka semua
mungkin telah memiliki visi yang sama, namun bertindak melalui
jalur yang berbeda-beda ketika mereka
mengupayakan pencapaiannya.
Merupakan
tanggung jawab seorang manajer untuk mengatur berbagai kelompok orang menjadi
sebuah tim yang dapat menjalankan
fungsi mereka dengan baik.
Manajer
dapat diumpamakan seorang kapten yang mengatur permainan dalam tim sepakbola,
dan menetapkan peranan yang berbeda-beda
yang akan dimainkan oleh setiap anggota tim.
Apabila
seorang kapten hanya mengarahkan agar setiap pemain dapat mencetak angka dalam
permainan, semua upaya yang dilakukan dapat menjadi tidak terkoordinasi. Setiap pemain
kemungkinan besar akan bermain dengan cara masing2, dan bola tidak
akan pernah menjebol gawang lawan. Tetapi ketika setiap pemain menjalankan
peranan spesifik yang diberikan, serangan akan menjadi terpadu sehingga berhasil
mencetak gol di gawang lawan.
3. Sebagai pengembang
manusia
Jika
anda ingin dapat meraih hasil berlipat ganda melalui orang2 dalam
perusahaan anda, ada dua pilihan cara untuk dapat mencapai sasaran tersebut.
Cara
pertama adalah anda bisa menambah jumlah orang
lalu mengharapkan mencapai hasil2 lebih banyak. Namun seiring dengan
langkah tersebut biaya dipastikan akan meningkat, sebanyak atau bahkan sering kali lebih besar dibandingkan hasil2
yang kemudian diperoleh.
Cara
kedua yang merupakan pendekatan lebih praktis dalam banyak upaya untuk
meningkatkan produktivitas adalah dengan mengembangkan orang2 yang
sudah ada.
Anda
perlu mengembangkan berbagai ketrampilan baru untuk mendapatkan hasil2
lebih tinggi dalam bidang tanggung jawab anda. Anda dapat melipatgandakan efek2
pengembangan kemampuan diri anda sebagai seorang manajer dengan memberikan inspirasi
kepada anggota2 tim anda
untuk juga mengupayakan pengembangan diri.
Ketika
anda memimpin dan memberikan inspirasi pada para anggota tim anda untuk
mendapatkan berbagai ketrampilan baru dan untuk lebih produktif dalam semua
aktivitas pekerjaan mereka, anda telah menciptakan suatu kekuatan tanpa batas
pada efektivitas perusahaan anda.
Seorang manajer harus mampu menjadi
pengembang manusia. Peranan anda
sebagai pengembang manusia memiliki baik aspek formal maupun informal. Secara
formal, anda bertanggung jawab dalam menyediakan kesempatan2
pelatihan yang sistematis dan terstruktur bagi setiap anggota tim anda.
Pelatihan mencakup orientasi
bagi setiap karyawan baru, petunjuk dan instruksi yang spesifik dan jelas tentang
tanggung jawab pekerjaan yang dapat anda
sampaikan sendiri atau melalui seseorang yang anda tugaskan, dan berbagai topik
pelatihan yang direncanakan. Topik-topik pelatihan mencakup segala hal yang
diperlukan untuk dapat menjadikan setiap anggota tim anda bekerja lebih efektif
seperti misalnya pelatihan penggunaan teknologi baru dan/atau prosedur2 baru yang akan dijalankan dalam bidang pekerjaan mereka,
pelatihan berbagai ketrampilan, dan pelatihan pengembangan diri dalam sikap dan kebiasaan2
kerja yang baik.
Sedangkan
kesempatan2 pelatihan informal adalah dengan memberikan teladan lewat diri anda
sendiri sebagai contoh kepemimpinan yang baik
serta seluruh interaksi tatap muka secara pribadi dengan orang2
dimana anda memberikan pelatihan untuk perbaikan dan untuk memastikan
tercapainya kemajuan perusahaan.
Adalah
fungsi seorang manajer untuk memastikan bahwa setiap anggota tim mendapat tugas yang semestinya, mengetahui bagaimana melaksanakan
tugasnya, dan memiliki komitmen
dalam melaksanakan tugas2
tersebut.
No comments:
Post a Comment