Berhentilah
berusaha mengerjakan sendiri semua hal
Terlalu sering para manajer dan supervisor merasa tidak aman. Sebagai bentuk tindakan melindungi diri tersebut mereka mulai mencoba untuk mengawasi semua kegiatan dan umumnya cara2 mereka yang demikian tidak akan berhasil.
Pimpinan yang terlalu banyak menghabiskan waktu secara demikian akan menjadi kurang efektif. Para karyawan akan menjadi lebih frustrasi dan kehilangan sebagian besar inisiatif mereka sehingga permasalahan justeru akan cepat berkembang membesar dengan sendirinya.
Ada dua alasan sangat mengena tentang mengapa anda justeru harus berkonsentrasi mengupayakan pendelegasian secara efektif selama masa2 seperti ini. Pertama, dengan melakukan pendelegasian akan dapat mencegah anda membagi waktu terlalu sedikit untuk setiap kegiatan karena kegiatan anda terlalu tersebar. Kedua, pendelegasian yang benar akan memberikan kepada para karyawan perasaan bahwa mereka dilibatkan. Hal itu akan membuat mereka bersedia secara sukarela ikut memikul tanggung jawab dalam menjalani perubahan.
Pendelegasian meningkatkan partisipasi dan kontribusi para karyawan karena mereka merasa diberikan kepercayaan lewat berbagai kesempatan untuk lebih berperan dalam kegiatan2 penting perusahaan sehingga memungkinkan mereka dapat lebih cepat mengendalikan situasi ketika menangani berbagai hambatan yang terjadi dalam operasional perusahaan.
Akibatnya, mereka akan merasa lebih yakin dengan keputusan2 yang telah dibuat
dan disepakati serta akan memberikan komitmen yang lebih besar untuk melaksanakannya.
No comments:
Post a Comment