Thursday, August 8, 2013

TUGAS MANAJEMEN



Apakah sebenarnya tugas-tugas utama manajemen?  P-O-A-C (Plan Organize Action Control) ? Dalam banyak kasus terjadinya banyak kegagalan dalam inovasi atau operasional perusahaan lebih sering dikarenakan P E A C E (Plan Execute Analyze Correct End) dimana dalam proses perencanaan strategis hanya melibatkan pemikiran dari beberapa orang saja dalam perusahaan.

Konosuke Matsushita, pendiri dari Matsushita Electric, mengatakan “We know that the intelligence of a handful of technocrats, however brilliant they may be, is no longer enough.”  Ada banyak masalah yang sebenarnya dapat dihindarkan jika para karyawan telah dilibatkan sedini mungkin sejak tahap perencanaan dan dimintakan usulan-usulan mereka manakala terjadi masalah operasional karena salah satu tugas utama dari manajemen sesungguhnya adalah memobilisasi dan mengerahkan sumber daya intelektual dari seluruh karyawan dalam melaksanakan strategi dan rencana-rencana perusahaan.

Dengan melibatkan tidak hanya pemikiran dari sejumlah terbatas orang dalam posisi manajemen lalu didukung oleh jalur komunikasi intensif yang memungkinkan pertukaran informasi dan ide-ide sehingga kemampuan intelektual dari seluruh karyawan terkonsentrasi, maka perusahaan akan mampu untuk berkembang dengan kecepatan penuh dan/atau lebih cepat mengatasi setiap masalah yang muncul.

Para karyawan yang bekerja pada tingkat operasional lapangan akan pasti memahami rincian tugas dengan lebih baik dibandingkan mereka yang duduk dalam posisi manajemen sehingga para karyawan tersebut akan lebih mampu menangani permasalahan yang muncul atau bahkan dapat melihat probabilitas munculnya permasalahan dan memberitahukannya kepada manajemen. Sebab jika tidak demikian, maka kemungkinan besar manajemen telah keliru melakukan rekrutmen dan/atau penempatan.

Tentu saja ide-ide kreatif dan/atau informasi-informasi berharga baru akan bermunculan jika manajemen memang secara serius menanggapi setiap usulan dan/atau pendapat yang diterima serta para karyawan tidak merasa kuatir akan adanya konsekuensi negatif sebagai akibat dari memberikan informasi tersebut. David Kearns, Xerox, ketika menyadari kekeliruannya mengatakan “Why didn’t I ask the employees? I was stupid. We were not using our people in a way that would make a difference.”

Setelah menciptakan iklim organisasi dimana setiap karyawan bebas memberikan pendapat dan/atau usulan, secara bertahap kurangi keharusan mendapatkan verifikasi anda atas pelaksanaan pekerjaan mereka dengan melakukan pendelegasian wewenang sehingga para karyawan memiliki akuntabilitas atas tugas mereka dan jangan terlalu menguatirkan kemungkinan terjadinya berbagai kesalahan.

Peranan utama dari manajemen dalam kegiatan operasional perusahaan adalah menetapkan berbagai prioritas, menyediakan dan mengatur berbagai sumber-daya yang dibutuhkan, dan membantu mengatasi hambatan-hambatan.

No comments: