Apakah
sebenarnya tugas-tugas utama manajemen? P-O-A-C (Plan Organize Action Control) ? Dalam
banyak kasus terjadinya banyak kegagalan dalam inovasi atau operasional
perusahaan lebih sering dikarenakan P E A C E (Plan Execute Analyze
Correct End) dimana dalam proses perencanaan strategis hanya
melibatkan pemikiran dari beberapa orang saja dalam perusahaan.
Konosuke Matsushita, pendiri dari Matsushita
Electric, mengatakan “We know that the
intelligence of a handful of technocrats, however brilliant they may be, is no
longer enough.” Ada banyak masalah
yang sebenarnya dapat dihindarkan jika para karyawan telah dilibatkan sedini
mungkin sejak tahap perencanaan dan
dimintakan
usulan-usulan mereka manakala terjadi masalah operasional karena salah satu tugas utama dari manajemen sesungguhnya
adalah memobilisasi dan mengerahkan sumber daya intelektual dari seluruh
karyawan dalam melaksanakan strategi dan rencana-rencana perusahaan.
Dengan
melibatkan tidak hanya pemikiran dari sejumlah terbatas orang dalam posisi manajemen lalu didukung oleh jalur komunikasi intensif yang memungkinkan pertukaran
informasi dan ide-ide sehingga kemampuan
intelektual dari seluruh karyawan terkonsentrasi, maka perusahaan akan mampu untuk
berkembang dengan kecepatan penuh dan/atau lebih cepat mengatasi setiap masalah
yang muncul.
Para karyawan yang bekerja pada tingkat
operasional lapangan akan pasti memahami rincian tugas dengan lebih baik dibandingkan
mereka yang duduk dalam posisi manajemen sehingga para karyawan tersebut akan
lebih mampu menangani permasalahan yang muncul atau bahkan dapat melihat probabilitas
munculnya permasalahan dan memberitahukannya kepada manajemen. Sebab jika tidak
demikian, maka kemungkinan besar manajemen telah keliru melakukan rekrutmen
dan/atau penempatan.
Tentu
saja ide-ide kreatif dan/atau informasi-informasi berharga baru akan
bermunculan jika manajemen memang secara serius menanggapi setiap usulan dan/atau
pendapat yang diterima serta para karyawan tidak
merasa kuatir akan adanya konsekuensi negatif sebagai akibat dari memberikan
informasi tersebut. David Kearns, Xerox, ketika
menyadari kekeliruannya mengatakan “Why didn’t I ask the employees? I was stupid. We were
not using our people in a way that would make a difference.”
Setelah
menciptakan iklim organisasi dimana setiap
karyawan bebas memberikan pendapat dan/atau usulan, secara bertahap
kurangi keharusan mendapatkan verifikasi anda atas pelaksanaan pekerjaan mereka
dengan melakukan pendelegasian wewenang
sehingga para karyawan memiliki akuntabilitas atas tugas mereka dan jangan terlalu menguatirkan kemungkinan terjadinya berbagai
kesalahan.
Peranan utama dari manajemen dalam kegiatan
operasional perusahaan adalah menetapkan berbagai prioritas, menyediakan dan
mengatur berbagai sumber-daya yang dibutuhkan, dan membantu mengatasi
hambatan-hambatan.
No comments:
Post a Comment