Efisiensi adalah salah satu topik yang paling sering dibicarakan dan
untuk dapat mencapai tingkat efisiensi yang diharapkan, anda dapat melakukan 10
hal berikut:
1. Sirkulasikan dan
komunikasikan sasaran-sasaran perusahaan dan sebaiknya para pimpinan menggunakan 50
hingga 60 persen dari waktu mereka untuk membicarakan mengenai ide-ide dengan
para karyawan
2. Pusatkan perhatian pada modal utama perusahaan yaitu manusia dan ciptakan situasi dimana ada respek kepada setiap
individu terlepas dari apapun
jabatan seseorang dalam perusahaan. Peralatan dan teknologi paling maju bisa didapatkan
namun para karyawan yang memiliki kompetensi dalam perusahaan merupakan
keunggulan kompetitif yang sesungguhnya
3. Peraturan-peraturan dan berbagai mekanisme pengendalian
memang diperlukan namun rasa saling percaya lebih penting
4. Pastikan bahwa perusahaan berorientasi pada para
pelanggan
5. Partisipasi seluruh karyawan dalam kerja-sama tim
6. Sedapat mungkin kurangi jumlah lapisan dalam struktur
organisasi dan delegasikan otoritas
ke tingkat yang lebih rendah
7. Ciptakan komunikasi dua arah yang terbuka dan tanpa sekat
8. Utamakan pencapaian prestasi tim
dibandingkan dengan prestasi individual
9. Pemahaman tata cara kerja operasional diberikan secara
terorganisir melalui berbagai loka-karya dan pelatihan baik internal maupun eksternal
10. Para pimpinan dan
manajer membiasakan diri untuk selalu bertanya kepada para karyawan: “Apa pendapat anda?”
No comments:
Post a Comment