Wednesday, April 10, 2013

K R E A T I F




Seringkali pengertian kreatif disamakan dengan kemampuan untuk memikirkan gagasan-gagasan atau ide-ide baru. Pengertian tersebut tidak sepenuhnya keliru namun seseorang baru dapat disebut kreatif dan bukan OMDO alias OMong DOang apabila setelah mendapatkan suatu ide atau gagasan juga mampu memikirkan dan mencoba langkah-langkah yang diperlukan untuk merealisasikan idenya.

Ketika menjalankan langkah-langkah untuk merealisasikan gagasannya, seseorang yang kreatif tidak akan mudah menyerah pada berbagai kendala, hambatan, dan tekanan yang memang dapat dipastikan akan muncul karena sebuah gagasan baru tentunya lebih sering keluar dari kebiasaan atau bahkan merupakan terobosan dan terkadang dobrakan terhadap cara-cara yang sudah biasa dilakukan oleh orang-orang.

Penuh rasa ingin tahu, memiliki banyak sekali minat pada berbagai hal, imajinatif,  dan  tidak mudah putus asa adalah ciri-ciri yang menonjol sehingga seseorang yang kreatif menjadi terbiasa berpikir dengan pola banyak kemungkinan dan oleh karena itu akan seperti selalu memiliki banyak akal dalam menghadapi persoalan. Semakin banyak persoalan dan tantangan, seseorang yang kreatif akan semakin lebih memunculkan banyak ide dan gagasan lewat proses berpikir yang luwes dan eksploratif. Bahkan apabila ternyata tidak ada halangan, seseorang yang kreatif akan menguji gagasan-gagasannya baik secara imajiner melalui proses visualisasi yang selalu diikuti dengan melakukan pengujian di lapangan. Buat mereka yang kreatif, indikasi keberhasilan dari gagasan-gagasan adalah pelaksanaan dalam kehidupan nyata. Kreativitas buat mereka yang kreatif jelas bukan hanya sekedar berani mengemukakan gagasan-gagasan baru atau sekedar berbeda dengan hal yang sudah umum berlaku.

Orang-orang yang kreatif berani menanggung resiko untuk suatu kesalahan atau kegagalan karena bagi mereka tidak ada cara yang lebih baik untuk menguji gagasan mereka lewat tindakan dan oleh karenanya seringkali bahkan mereka menemukan berbagai tambahan peluang pengembangan dari keadaan dan/atau proses, bisa yang hanya merupakan pelengkap dari proses atau keadaan sehingga memberikan daya tarik lebih, tetapi bisa juga berupa pelengkap yang menurut pandangan umum bukan suatu peluang atau bahkan dianggap upaya tidak lazim yang dapat dilaksanakan sebagai pelengkap.

Adalah Fabian Gelael, pemilik restoran cepat saji KFC yang beberapa tahun lalu memiliki gagasan menjual CD berisi lagu-lagu pemusik Indonesia di gerai-gerai KFC.
  
Mungkin pada saat ini dimana gagasan tersebut sudah menjadi sebuah contoh nyata kreativitas yang menghasilkan kesuksesan akan terlihat dan dianggap wajar-wajar saja. Namun bayangkan beberapa tahun lalu pada waktu KFC mulai menawarkan CD pada saat konsumen yang umumnya datang untuk membeli ayam goreng!!  Bayangkan diri anda adalah kasir yang mesti menawarkan CD berisi lagu-lagu kepada konsumen yang datang untuk menikmati ayam goreng KFC, dimana biasanya anda hanya menanyakan “paha” atau “dada” dan “nasi atau kentang goreng!!

Beberapa tahun lalu kantor tempat saya bekerja terletak cukup dekat dari sebuah gerai KFC, pada suatu kesempatan makan siang atau mungkin bisa disebut makan sore karena tidak sempat makan siang pada waktunya, walaupun perut tidak terasa lapar karena jam makan siang yang sudah lewat, ketika kasir menawarkan CD lagu-lagu tersebut saya merasa ada keanehan dan walaupun dengan sopan mengatakan tidak berminat namun sambil dalam hati bergumam “KFC ini mungkin sudah mau ganti arah bisnis dari jualan ayam goreng ke jualan CD karena kalah bersaing.”

Ternyata keraguan atau bahkan sikap skeptis dari para pemain di industri musik juga merupakan reaksi pertama ketika gagasan menjual CD musik di gerai-gerai restoran cepat saji KFC disampaikan kepada mereka. Pada saat itu industri musik di tanah air bahkan masih mengalami kesulitan dalam menjual CD musik di tempat-tempat yang memang lazim menjualnya. Mungkin apa yang ada dalam pikiran para pengusaha di industri musik ketika mereka mendengar gagasan tersebut akan kurang lebih sama dengan apa yang saya pikirkan tadi. Atau mungkin bahkan dianggap ide nyeleneh dan agak kurang waras?

Memang memerlukan waktu dan tentu saja kerja keras untuk merealisasikannya. Tetapi kenyataannya dapat kita lihat bahwa KFC meraih sukses besar lewat gagasan kreatif menjual CD musik di gerai restoran cepat saji yang menjual ayam goreng tersebut.

No comments: