Seringkali pengertian
kreatif disamakan dengan kemampuan untuk memikirkan gagasan-gagasan atau
ide-ide baru. Pengertian tersebut tidak sepenuhnya keliru namun seseorang baru dapat
disebut kreatif dan bukan OMDO alias OMong DOang apabila setelah mendapatkan suatu ide atau gagasan juga mampu memikirkan dan
mencoba langkah-langkah yang diperlukan untuk merealisasikan idenya.
Ketika menjalankan langkah-langkah
untuk merealisasikan gagasannya, seseorang yang kreatif tidak akan mudah menyerah pada
berbagai kendala, hambatan, dan tekanan
yang memang dapat dipastikan akan muncul karena sebuah gagasan baru tentunya lebih
sering keluar dari kebiasaan atau bahkan merupakan terobosan dan terkadang dobrakan terhadap cara-cara
yang sudah biasa dilakukan oleh orang-orang.
Penuh rasa ingin tahu, memiliki banyak
sekali minat pada berbagai hal, imajinatif, dan tidak mudah putus asa adalah
ciri-ciri yang menonjol sehingga seseorang yang kreatif menjadi terbiasa berpikir dengan
pola banyak kemungkinan dan oleh karena itu akan seperti selalu memiliki
banyak akal dalam menghadapi persoalan. Semakin banyak
persoalan dan tantangan, seseorang yang kreatif akan semakin lebih memunculkan
banyak ide dan gagasan lewat proses berpikir yang luwes dan eksploratif.
Bahkan apabila ternyata tidak ada halangan, seseorang yang kreatif akan menguji
gagasan-gagasannya baik secara imajiner melalui proses visualisasi yang selalu
diikuti dengan melakukan pengujian di lapangan.
Buat mereka yang kreatif, indikasi keberhasilan dari gagasan-gagasan adalah pelaksanaan
dalam kehidupan nyata. Kreativitas buat mereka yang kreatif jelas bukan
hanya sekedar berani mengemukakan gagasan-gagasan baru atau sekedar berbeda dengan
hal yang sudah umum berlaku.
Orang-orang yang kreatif berani menanggung
resiko untuk suatu kesalahan atau kegagalan karena bagi mereka tidak ada cara
yang lebih baik untuk menguji gagasan mereka lewat tindakan dan
oleh karenanya seringkali bahkan mereka menemukan berbagai tambahan peluang pengembangan
dari keadaan dan/atau proses, bisa yang hanya merupakan pelengkap dari proses atau
keadaan sehingga memberikan daya tarik lebih, tetapi bisa juga berupa pelengkap yang
menurut pandangan umum bukan suatu peluang atau bahkan dianggap upaya tidak
lazim yang dapat dilaksanakan sebagai pelengkap.
Adalah Fabian Gelael, pemilik restoran
cepat saji KFC yang beberapa tahun lalu memiliki gagasan menjual CD
berisi lagu-lagu pemusik Indonesia di gerai-gerai KFC.
Mungkin pada saat ini dimana
gagasan tersebut sudah menjadi sebuah contoh nyata kreativitas yang
menghasilkan kesuksesan akan terlihat dan dianggap wajar-wajar saja. Namun bayangkan beberapa
tahun lalu pada waktu KFC mulai menawarkan CD pada saat konsumen yang umumnya datang
untuk membeli ayam goreng!! Bayangkan diri anda adalah
kasir yang mesti menawarkan CD berisi lagu-lagu kepada konsumen yang datang
untuk menikmati ayam goreng KFC, dimana biasanya anda hanya menanyakan “paha” atau “dada” dan “nasi atau kentang goreng!!
Beberapa
tahun lalu kantor tempat saya bekerja terletak cukup dekat dari sebuah gerai
KFC, pada suatu kesempatan makan siang atau mungkin bisa disebut makan sore
karena tidak sempat makan siang pada waktunya, walaupun perut tidak terasa lapar
karena jam makan siang yang sudah lewat, ketika kasir menawarkan CD lagu-lagu
tersebut saya merasa ada keanehan dan walaupun dengan sopan mengatakan tidak
berminat namun sambil dalam hati bergumam “KFC ini mungkin sudah mau ganti arah
bisnis dari jualan ayam goreng ke jualan CD karena kalah bersaing.”
Ternyata keraguan atau bahkan sikap
skeptis dari para pemain di industri musik juga merupakan reaksi pertama ketika
gagasan menjual CD musik di gerai-gerai restoran cepat saji KFC disampaikan
kepada mereka. Pada saat itu industri musik di tanah air bahkan masih mengalami
kesulitan dalam menjual CD musik di tempat-tempat yang memang lazim menjualnya. Mungkin apa yang ada
dalam pikiran para pengusaha di industri musik ketika mereka mendengar gagasan
tersebut akan kurang lebih sama dengan apa yang saya pikirkan tadi. Atau mungkin bahkan dianggap
ide nyeleneh dan agak kurang waras?
Memang memerlukan waktu dan tentu saja kerja keras untuk
merealisasikannya. Tetapi kenyataannya dapat kita lihat bahwa KFC meraih
sukses besar lewat gagasan kreatif menjual CD musik di gerai restoran cepat saji
yang menjual ayam goreng tersebut.
No comments:
Post a Comment