Teman baik saya sejak SMP selalu membuat catatan rencana
aktivitas dan hal-hal lain dalam buku agendanya. Bertahun yang lalu saya
berikan dia sebuah agenda mungil dan selama beberapa tahun saya
perhatikan dia masih mempergunakannya. Teman saya yang punya kesibukan sangat
beragam dalam bisnis dan kehidupan pribadinya tersebut memang sangat pandai
membagi waktunya dan semua itu saya lihat adalah karena perencanaan yang dia
lakukan.
Pada tahun 1990 saya masih bekerja di sebuah perusahaan
yang mulai memasarkan sebagian hasil produksinya ke Amerika Serikat. Cara kerja
Mitra bisnis perusahaan tempat saya bekerja tersebut menyadarkan saya bahwa
bahkan untuk jadwal kunjungan ke Indonesia sudah mereka berikan untuk waktu 3
bulan hingga 1 tahun ke depan, hingga ke detail jadwal penerbangan, pemesanan
kamar hotel, kunjungan ke beberapa perusahaan lain. Mereka selalu mengunjungi
beberapa negara di Asia sekaligus dan jadwal-jadwal tersebut selalu mereka
tepati!!
Perencanaan jadwal kunjungan perjalanan tersebut mereka
buat jauh hari sebelumnya membuat biaya perjalanan pesawat dan akomodasi serta
biaya-biaya lain yang mesti dikeluarkan menjadi berkurang secara signifikan.
Efisiensi dalam artian sesungguhnya hanya melalui perencanaan yang baik.
Kita semua sering mengatakan bahwa time is money namun
dalam kenyataannya seringkali tidak bertindak sesuai dengan prinsip tersebut.
Kita bahkan seringkali dengan mudahnya membatalkan janji pertemuan kita di
saat-saat terakhir.
Mulailah program efisiensi di perusahaan anda dan juga
dalam kehidupan anda lewat perencanaan yang baik.
No comments:
Post a Comment