Jika perusahaan anda sedang dalam proses
perampingan atau sedang melakukan restrukturisasi, atmosfir kehidupan dalam perusahaan
akan terasa berbeda. Akan diperlukan
perubahan dan orang-orang anda perlu mengetahui bahwa akan dilaksanakan
perubahan,
dan para karyawan anda kemungkinan bisa menduga hal itu, bahkan walaupun anda
lebih memilih untuk berpikir sebaliknya.
Bagian dari menjadi seorang manajer yang bertanggung jawab adalah mempersiapkan orang-orang anda untuk menerima perubahan. Bahkan, anda harus dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat beberapa perubahan yang memang diperlukan di bagian anda sendiri dalam organisasi. Anda perlu mengupayakan agar para karyawan dipersiapkan untuk perubahan, mengantisipasinya, dan karena itu siap untuk lebih mudah beradaptasi dari biasanya.
Sebagai bagian dari tim manajemen, anda
juga bertanggung jawab dalam hal membantu "menjual" perubahan-perubahan. Tapi hal
tersebut bukan berarti bahwa kepada orang-orang anda hanya mempromosikan tentang
sisi positif dari
perubahan dan betapa indahnya hal-hal yang akan
terjadi kemudian. Para karyawan harus mendapatkan sudut pandang yang seimbang. Umumnya selalu ada kabar baik dan kabar buruk, dan kedua sisi dari cerita harus disampaikan.
Biarkan orang-orang mengetahui apa yang bisa mereka harapkan.
Beritahukan kepada mereka secara langsung. Mereka berhak untuk mengetahui,
mereka bisa mengatasinya, dan lagi pula anda tidak bisa menutup-nutupi dari mereka untuk jangka
waktu yang lama.
Sejajarkan diri anda dengan para karyawan
– hal ini membantu melindungi kredibilitas
ada sebagai seorang manajer,
dan kredibilitas tersebut juga sangat penting pada saat seperti sekarang. Jadi janjikanlah perubahan... karena memang
itulah janji yang pasti dapat anda tepati.
No comments:
Post a Comment