Thursday, August 8, 2013

PERUBAHAN?




Persaingan pasar, baik domestik maupun internasional semakin intensif. Para konsumen menjadi semakin beraneka ragam dan dengan kebutuhan dan keinginan yang semakin bervariasi. Teknologi berkembang dengan sangat pesat sehingga pemahaman dalam penggunaannya yang seharusnya untuk lebih memudahkan justeru menjadi begitu rumit bagi sebagian besar pengguna. Siklus pengembangan produk menjadi lebih pendek. Transformasi perusahaan-perusahaan terus berlanjut dan daftar “perubahan-perubahan” yang terjadi dalam dunia bisnis masih terus akan bertambah panjang. 

Kecuali kehadiran internet yang memang secara revolusioner telah mengubah tidak saja pola perilaku bisnis dan konsumen tetapi juga berbagai sendi kehidupan masyarakat, sesungguhnya jenis perubahan-perubahan tersebut telah terjadi secara terus menerus selama beberapa dekade terakhir, paling tidak menurut pengamatan dan pengalaman saya sendiri sejak mulai memasuki dunia kerja di awal tahun 1980. Tidak ada perubahan yang belum terpikirkan dari sejak lama kecuali mungkin semakin berkembangnya kesadaran akan penurunan signifikan kemampuan bumi dalam memenuhi pertumbuhan eksploitasi sumber daya alam tidak terkendali yang dilakukan manusia.

Mencoba teknologi baru untuk mendapatkan efisiensi, restrukturisasi untuk mendapatkan struktur organisasi yang lebih ramping dan dengan lebih sedikit lapisan hirarki, desentralisasi, inovasi terus menerus, outsourcing, mengurangi lapisan distribusi untuk lebih mendekatkan kegiatan dengan pasar dan pemasok, dan demikianlah dari waktu ke waktu manajemen perusahaan berusaha menerapkan beragam taktik jangka pendek tersebut agar tetap dapat bertahan (survival mode). Tentu saja tanpa melakukan hal-hal tersebut dapat berakibat fatal bagi kelangsungan perusahaan dan memang bila kita perhatikan bahwa lebih dari 70 persen dari perusahaan-perusahaan kelas dunia yang masuk dalam daftar Fortune 500 beberapa dekade yang lalu sekarang sudah tinggal nama. Namun mengapa saya mengatakan bahwa sebenarnya yang terjadi adalah pengulangan perubahan yang sudah terjadi karena masih didapati banyak perusahaan yang sudah terbilang lama berkiprah selama puluhan tahun tetapi masih juga bergulat dengan berbagai masalah klasik mendasar seputar apa yang disebut “perubahan” tersebut.

"It's easy to spend so much time thinking about today's markets and competitors that you're not ready for those you'll encounter tomorrow,"  demikian dikatakan oleh Bill Gates, Microsoft, dimana sesungguhnya dengan adanya tantangan-tantangan masa depan tersebut para pimpinan perusahaan bisa secara sistematis menyusun taktik-taktik jangka pendek tersebut ke dalam strategi perubahan jangka panjang dalam hal pertumbuhan usaha, inovasi, rekayasa ulang, produktivitas, dan investasi dalam modal manusia.


No comments: