Tekanan dan
tantangan berat
dalam pekerjaan dari hari ke hari dapat mengakibatkan stress dan
bila hal tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama dapat berakibat kurang baik
bagi kesehatan seseorang yang mengalaminya.
Ketegangan, kekuatiran, tekanan
yang berlangsung terus menerus pada tempat kerja tersebut bisa disebabkan oleh tertinggalnya
kemampuan dan/atau keterampilan seseorang dibandingkan tuntutan perkembangan
teknologi yang demikian pesat maupun bisa juga diakibatkan
oleh faktor hubungan antar manusia yang kurang harmonis.
Tantangan dan tekanan memang
dibutuhkan agar seseorang termotivasi
untuk mencapai
hasil yang lebih baik dari waktu ke waktu, mencoba hal-hal baru, dan
menggali
serta mempergunakan potensi diri.
Namun akumulasi stress yang
tidak dapat diatasi akan memiliki dampak negatif terhadap seseorang yang
mengalaminya sehingga dapat menurunkan produktivitas dan kualitas kerja serta
kesehatan mental dan fisik orang tersebut.
7 langkah berikut dapat anda lakukan
untuk “mengelola” dan “mengatasi” stress:
- 1 -
Jauhkan pola pikir dan sikap “harus” – Sadarilah bahwa dalam kehidupan ada hal-hal yang dapat dan
tidak dapat anda kendalikan. Mulailah untuk berdamai dengan diri
anda
untuk berhenti kuatir akan hal-hal yang memang tidak dapat anda kendalikan.
- 2 -
Cari tahu “penyebab” pasti stress anda – Apakah
karena kehidupan keluarga anda? Pekerjaan anda? Hubungan sosial dengan teman-teman dan/atau lingkungan
masyarakat? Atau mungkin karena penyakit yang anda derita? Anda perlu mengetahui
faktor-faktor yang menyebabkan stress tersebut untuk dapat mencari cara yang
tepat untuk mengatasinya.
- 3 -
Jeda singkat
1 hingga 2 menit secara teratur setiap jam dalam pelaksanaan pekerjaan – dengan
hanya beberapa kali menarik dan mengatur napas panjang untuk mengisi paru-paru
dengan udara segar dapat membuat pikiran dan tubuh anda lebih rileks sehingga dapat
mencegah akumulasi stress.
- 4 -
Perhatikan pada Daftar Pekerjaan yang harus
diselesaikan - Daftar
yang semakin panjang dapat membuat anda merasa tertekan. Oleh karena itu
pastikan bahwa anda membuat sasaran-sasaran dan rencana tindakan jangka
pendek misalnya tugas yang dapat diselesaikan dalam waktu 1 hingga 7 hari sehingga
dari waktu ke waktu seluruh pekerjaan dalam daftar tersebut dapat terselesaikan
dengan baik dan dengan demikian akan dapat juga membangun rasa percaya diri anda.
- 5 -
Jauhkan sikap mudah tersinggung dan
defensif – Terimalah kritik pedas/tajam
dan/atau komentar
negatif sebagai masukan konstruktif untuk dapat lebih meningkatkan
kemampuan diri anda.
- 6 -
Minta bantuan orang-orang lain – Melakukan
pendelegasian
adalah hal yang bisa dan perlu dilakukan bila anda memiliki bawahan. Jauhkan sifat perfeksionis dalam
pelaksanaan pekerjaan yang sering kali menjadi salah satu penyebab utama dari stress
dan juga perasaan
kurang percaya diri. Anda juga tidak perlu malu untuk membicarakan
dengan atasan anda untuk meminta bantuan dalam pelaksanaan pekerjaan atau
bahkan meminta pengurangan beban pekerjaan baik untuk sementara waktu maupun
seterusnya.
- 7 -
Menyadari bahwa pekerjaan adalah hanya
salah satu aspek kehidupan – Stress akan muncul dan terakumulasi manakala
anda hanya memusatkan seluruh perhatian anda pada pekerjaan dan/atau karir dan
mengabaikan aspek-aspek kehidupan lainnya. Upayakan untuk memiliki keseimbangan dengan memberikan perhatian dan waktu yang cukup untuk
aspek-aspek kehidupan lainnya yaitu keluarga, sosial, kesehatan, mental dan spiritual.
No comments:
Post a Comment