Monday, August 13, 2012

Konsep Total Leader™ 2


Sebuah paradigma baru dalam pengembangan kepemimpinan.

2 dari 4 tulisan

Produktivitas diri sendiri:
Kemampuan untuk mengelola diri sendiri,
mengelola waktu dan prioritas-prioritas


 
Kemampuan paling penting yang perlu anda kembangkan sebagai seorang pimpinan atau pemilik perusahaan adalah produktivitas diri sendiri


Dengan menetapkan sebuah visi yang jelas dan langkah-langkah perencanaan untuk merealisasikan dalam beberapa tahun ke depan, sebagai seorang pemimpin anda telah memulai langkah untuk mencapai produktivitas diri sendiri. Atau apabila anda adalah seorang manajer, maka adalah sangat penting bagi anda memahami visi perusahaan dan meningkatkan kemampuan manajerial sehingga anda memiliki produktivitas diri yang tinggi dalam menjalankan perencanaan yang digariskan perusahaan.


Para pemimpin dan/atau pemilik perusahaan yang secara konsisten memiliki keberanian dalam mencari cara-cara baru dan inovatif dalam pelaksanaan operasional perusahaan mereka, akan dapat mencapai hasil-hasil yang jauh lebih tinggi. 

Untuk dapat memiliki cukup waktu guna melakukan hal tersebut, seorang pemimpin harus memiliki produktivitas diri sendiri yang tinggi. Produktivitas diri sendiri adalah pilar pertama kepemimpinan yang efektif dan untuk menjadi seorang pemimpin dengan karakteristik Total Leader.

Untuk dapat memiliki produktivitas diri sendiri yang tinggi, seorang pemimpin mesti menetapkan visi dan melakukan langkah-langkah awal sebagai berikut:

  • Tuliskan visi dan rincian-rincian langkah yang mesti dilakukan disertai penjelasan-penjelasan yang diperlukan sehingga kemudian tugas-tugas bisa didelegasikan secara tepat ke bagian-bagian dan/atau personil-personil dalam perusahaan
  • Libatkan semua orang di bawah kepemimpinan langsung anda dengan memastikan bahwa mereka memahami dan mengadopsi visi perusahaan dengan komitmen penuh untuk mendukung pencapaian-pencapaian bertahap yang dibutuhkan untuk dapat merealisasikan visi tersebut
  • Sosialisasikan visi perusahaan sehingga seluruh karyawan juga mengetahui dengan jelas peranan departemen dimana mereka menjadi bagiannya. Langkah sosialisasi ini sangat penting karena seperti kita dapat melihat pada perusahaan-perusahaan yang telah mencapai kinerja tinggi bahwa dengan memahami visi perusahaan, sumber daya manusia yang ada menjadi modal (capital) yang aktif dan bukan hanya sebagai sekedar asset perusahaan. Melalui sosialisasi ini dapat diharapkan bahwa para karyawan juga dapat membayangkan seperti apa keadaan perusahaan dan diri mereka ketika visi perusahaan dapat tercapai.

Seberapa efektif anda selaku pimpinan dan/atau pemilik perusahaan dalam melaksanakan langkah-langkah awal tersebut akan menentukan tingkat produktivitas diri anda.

Prioritas - Do More With Less.

Seringkali karena begitu mudah dan cepatnya untuk mendapatkan informasi,
kita memiliki terlalu banyak informasi penting dan/atau beragam pilihan-pilihan bagus namun tidak terlalu relevan dengan situasi yang dihadapi perusahaan

Langkah berikut setelah anda menetapkan visi dan menjabarkan serta mendapatkan komitmen dari seluruh bagian perusahaan adalah dengan menetapkan prioritas-prioritas pelaksanaan langkah-langkah strategis dan operasional untuk merealisasikan visi tersebut.

Melalui penyusunan prioritas akan memungkinkan anda dan perusahaan melakukan lebih banyak dengan sumber daya lebih sedikit. Tanpa melakukan langkah ini, seorang pemimpin dapat terjebak pada keadaan dimana ada banyak kegiatan tidak penting namun mendesak atau apabila kurang berhati-hati bahkan dapat mengerjakan kegiatan yang sama sekali tidak penting dan tidak mendesak.

Seringkali karena begitu mudah dan cepatnya untuk mendapatkan informasi, kita memiliki terlalu banyak informasi penting dan/atau beragam pilihan-pilihan bagus namun tidak terlalu relevan dengan situasi yang dihadapi perusahaan. Begitu banyaknya pilihan-pilihan sehingga kita dibuat bingung untuk mulai dari mana.

Itulah sebabnya sangat penting untuk dapat menetapkan prioritas-prioritas dengan tepat agar proses-proses dalam perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tahapan yang sudah direncanakan.

Melalui penetapan prioritas-prioritas, seorang dengan kepemimpinan yang efektif akan dapat memilih untuk mendahulukan hal-hal yang utama sehingga dapat mempergunakan waktu dengan efektif dan mencapai tingkat produktivitas diri yang seharusnya.serta memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan efisiensi lewat pelaksanaan operasional yang efektif.


Pendelegasian untuk peningkatan produktivitas diri

Pengertian pendelegasian secara tradisional adalah ketika seseorang yang memiliki kewenangan lebih tinggi memindahkan sebagian dari kewenangan yang dimiliki kepada satu atau beberapa orang yang ada di bawah struktur kepemimpinannya. Dalam proses pendelegasian ini sangat penting untuk memastikan bahwa selain terdapat pemahaman yang benar atas wewenang yang didelegasikan, penerima wewenang tersebut juga harus dipastikan memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan target waktu penyelesaian yang telah ditetapkan dengan kualitas hasil pekerjaan yang ditentukan. Apabila memang diperlukan pelatihan-pelatihan, hal tersebut perlu dilakukan sebelum pendelegasian secara penuh dilakukan.

Pendelegasian yang pada hakekatnya merupakan salah satu cara selain untuk meningkatkan produktivitas diri dan efektivitas seorang pemimpin, juga adalah cara untuk dapat mengembangkan kemampuan bawahan. Disinilah tantangan bagi para pemimpin perusahaan, para pemilik perusahaan-perusahaan, dan para wirausahawan yang ingin memulai bisnis yaitu pengembangan kepemimpinan melalui pemberdayaan individu-individu yang mengelola operasional perusahaan.

Produktivitas diri sendiri adalah pilar pertama kepemimpinan yang efektif dan untuk menjadi seorang pemimpin dengan karakteristik Total Leader. Diperlukan kemampuan untuk dapat mengelola diri sendiri sehingga seorang pemimpin dapat memiliki kinerja tinggi. 

Kemampuan tersebut dapat dibentuk melalui tiga langkah yaitu menetapkan visi, menyusun prioritas-prioritas dan mendahulukan hal-hal yang utama, serta melakukan pendelegasian yang diperlukan.

Hanya dengan terlebih dahulu mengoptimalkan kinerja anda sebagai seorang pemimpin barulah anda akan dapat meningkatkan kinerja dari orang-orang lain.


Total LeaderTM is a registered trademark in the US held by Leadership Management (R) International, Inc.
Permission to use Total Leader TM is obtained from: Leadership Management (R) International, Inc.

No comments: