Ide kreatif memungkinkan inovasi
dan/atau modifikasi dari produk dan/atau layanan
yang sudah ada sehingga diharapkan tercipta nilai tambah atau pengurangan
beban biaya yang bisa dinikmati oleh para pelanggan.
Berbagai
inovasi telah memperbaiki tingkat kehidupan dan peradaban manusia dari waktu ke
waktu. Di tengah persaingan global yang sangat ketat saat ini, inovasi dalam
produk dan layanan kian dibutuhkan namun mewujudkannya tidak semudah dan
semurah mengucapkannya. Perusahaan-perusahaan
multinasional sudah sejak lama sekali selalu berlomba membuat terobosan dan pembaruan produk serta layanan hampir setiap saat lewat kegiatan penelitian dan pengembangan untuk dapat menggali dan
mempergunakan berbagai potensi yang ada.
Kita
seringkali tidak mempergunakan potensi diri
maupun sumber
daya yang ada secara penuh karena
kita
terjebak pada rutinitas dan kurangnya keberanian
untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Bahkan
seringkali juga kita terus menunda-nunda untuk memulai langkah-langkah yang
diperlukan untuk dapat merealisasikan rencana-rencana yang sudah kita susun. Padahal kita sangat menyadari bahwa perubahan-perubahan
dalam berbagai bidang terjadi begitu cepat karena dukungan perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi sehingga tanpa upaya-upaya inovasi untuk dapat mengikuti
atau bahkan mendahului, maka kita akan tertinggal jauh.
Semua
inovasi seringkali bermula dari gagasan atau ide sederhana yang kemudian diikuti oleh upaya-upaya konsisten untuk dapat
mewujudkannya. Ketika sebuah
gagasan sudah menjadi karya inovatif, komentar yang sering terdengar adalah “oh ternyata mudah
seperti itu proses kerjanya ya.” Kenyataannya, sejak dimulai dari sebuah momen “AHA” manakala sebuah
gagasan atau ide ditemukan hingga menjadi sebuah karya inovatif, lebih sering diperlukan serangkaian
proses dan ketekunan dalam mencoba berulang-ulang.
Gagasan
atau ide sebenarnya adalah energi terpendam yang
akan dapat menciptakan inovasi-inovasi dalam berbagai bidang kehidupan.
Tentunya sangat disayangkan apabila ide-ide dan gagasan-gagasan hanya sampai
pada tahap wacana tanpa adanya sebuah mekanisme untuk dapat mewujudkannya, mulai dari sebuah daftar sederhana untuk selalu mencatat semua ide
atau gagasan yang muncul hingga adanya sebuah
sistematika
kerja yang memungkinkan untuk
kita dapat melakukan percobaan-percobaan yang dibutuhkan untuk merealisasikan
ide atau gagasan tersebut menjadi karya inovatif yang nyata.
Kita
mungkin sudah pernah mendengar sebuah anekdot tentang gagasan untuk membuat
pulpen anti gravitasi sehingga dapat dipergunakan untuk menulis pada perjalanan
luar angkasa yang sebenarnya cukup dapat dilakukan dengan penggunaan pensil
saja. Banyak
gagasan atau ide dapat muncul ketika kita mengamati perilaku manusia, gaya
hidup masyarakat dan gejala alam.
Ide yang muncul lewat pengamatan tersebut akan dapat menjadi karya inovatif
nyata yang akan diterima masyarakat karena memang dibutuhkan dan dapat
memperbaiki produktivitas dan kualitas hidup.
Saat
ini dan untuk masa mendatang inovasi adalah kebutuhan mutlak bagi semua jenis perusahaan
dan bidang usaha, yang pada beberapa dekade lalu mungkin hanya lebih dibutuhkan
oleh beberapa jenis industri tertentu.
Dalam
era
pelanggan yang sudah dimulai sejak
beberapa tahun terakhir ini, inovasi bagi perusahaan-perusahaan adalah sebuah
kebutuhan mendasar yang akan dapat membuat bisnis terus berkembang. Kelalaian dalam melakukan inovasi, baik
dalam produk maupun layanan, bukan saja akan mengakibatkan perusahaan-perusahaan
tidak mampu menghadapi persaingan akan tetapi kemungkinan besar akan ditinggalkan
oleh para pelanggan yang tentu menginginkan produk-produk serta layanan yang
lebih memudahkan hidup mereka.
Inovasi
juga tidak terbatas pada produk dan layanan tetapi bisa dengan “mengubah” lingkungan
kerja dalam perusahaan sehingga menciptakan atmosfer kerja yang lebih mendorong
para
karyawan lebih kreatif yang memungkinkan tidak saja tumbuh suburnya banyak gagasan
atau ide baru tetapi juga meningkatkan animo para karyawan untuk
merealisasikannya menjadi karya-karya produk dan/atau layanan inovatif.
Inovasi
adalah faktor penting untuk dapat meningkatkan produktivitas, profitabilitas
dan untuk dapat meningkatkan pangsa pasar dalam
era pelanggan. Bagaimanakah dengan kesiapan anda di tahun 2014 yang akan
segera kita masuki dalam hitungan beberapa jam lagi?
No comments:
Post a Comment